Ketua Komisi 1 DPRD Babel Hellyana
Ketua Komisi 1 DPRD Babel Hellyana ( SonoraBangka.id/edwin)

Komisi 1 DPRD Babel Apresiasi Respon Cepat BKDSDMD Terkait Tes PCR Atau Antingen Gratis Bagi Peserta CPNS

7 September 2021 14:22 WIB
 
SonoraBangka.id - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Hellyana, mengapresiasi langkah cepat yang diambil BKDSDMD Babel terkait pemberlakuan tes PCR atau Antigen gratis bagi peserta tes CPNS.
 
Sebelumnya Tes PCR/Antigen gratis tersebut, merupakan rekomendasi dari DPRD Babel yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi, atas masukan dari masyarakat untuk disampaikan dalam rapat badan musyawarah beberapa waktu yang lalu.
 
"Pelaksanaan tes PCR/Antigen itu bisa diberlakukan gratis menyeluruh bila memungkinkan ataupun dapat diberlakukan bagi peserta yang masuk katagori kurang mampu yang dibuktikan dengan SKKM,"ujar Hellyana Jumat (03/09/2021).
 
Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDM) Provinsi Babel Susanti, merespon cepat terkait pemberlakuan tes PCR/Antigen gratis bagi peserta tes CPNS di Pemerintah Provinsi Babel termasuk di seleksi di tingkat pemerintah kabupaten/kota.
 
"Kami juga merespon adanya usulan dewan, khususnya kemaren disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Pak Amri terkait dengan tes PCR/Antigen gratis ini, kemaren juga sudah dibahas di banmus artinya memang kalau sudah di banmus sudah menjadi pembahasan dan atensi penting,"ungkapnya.
 
Lebih jauh Susanti menjelaskan, bahwa usulan masih dipertimbangkan oleh pihak dinas dan penyelenggara tes PCR/Antigen oleh dinas kesehatan melalui Laboratorium Kesehatan daerah, sebab stock yang dimiliki saat ini belum bisa menjangkau jumlah peserta tes CPNS.
 
"Jumlah peserta CPNS kita sebanyak 2732 dengan rincian 1166 PPPK, dan 1206 CPNS. Adapun besaran anggaran yang dipakai kita kalikan 2372 dikalikan 120 ribu rupiah sama dengan Rp.284,640,000, kemaren juga sempat diusulkan di anggaran perubahan,"terangnya.
 
Pertimbangan lainnya pun, sambung Susanti, bahwa setelah pelaksanaan tes CPNS tahap pertama yakni tes SKD, bagi yang lulus maka dilanjutkan tes SKB dan pelaksanaan test CPPPK dilaksanakan dalam tiga tahapan test kompetensi, dengan begitu rencana tes PCR/Antigen gratis ini akan diberlakukan berkelanjutan sementera bupper stock alat pcr tersebut semakin berkurang.
 
"Namun, Kami tidak kehilangan cara untuk mengatur pelaksanaan tersebut, dari beberapa tanggapan usulan bahwa test swab PCR/Antigen gratis diberlakukan bagi peserta yang menyertakan Surat Keterangan Kurang Mampu (SKKM) adapun pengaturan selanjutnya berkoordinasi dengan dinas terkait, misalnya dinas sosial, Agar pemberian bantuan swab PCR/antigen memang untuk peserta yang benar- benar terdampak covid 19,"pungkasnya.
 
 

PenulisEdwin
EditorEdwin
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm