Iwan Fals
Iwan Fals ( TRIBUNNEWS.com/Alivio)

Iwan Fals Tetap Semangat Berkarya Hingga Usianya 60 Tahun

9 September 2021 15:13 WIB

SonoraBangka.ID - Pecinta musik Tanah Air mungkin tak asing dengan musisi Iwan Fals.

Sejak dulu, lagu-lagu ciptaan Iwan Fals selalu memiliki arti tersendiri. Dari yang berupa kritikan hingga harapan.

Bahkan, di usianya yang kini genap 60 tahun, Iwan Fals tak kendor untuk terus berkarya dan aktif di dunia musik Indonesia

Bukan tanpa sebab, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini punya alasan tersendiri yang terus membuat dirinya semangat untuk berkarya.

"Ya aku sangat bersemangat karena kan kita nggak hidup sendiri, saya tahu saya akan memberitahu, saya nggak tahu saya akan bertanya," kata Iwan Fals saat wawancara virtual, Rabu (8/9/2021).

Selain itu, anak dan keluarga menjadi alasan utama Iwan Fals untuk terus bermusik.

Bahkan, baru-baru ia juga merilis album baru bertajuk Pun Aku, dan merupakan album ke-42 sepanjang karir bermusiknya.

"Jadi kewajiban dalam hidup lah ya. Ya ibadah atau kerja. Saya punya anak, punya keluarga yang harus saya beritahu nilai-nilai yang saya yakini," ungkap Iwan Fals.

Iwan fals berkarir di musik sudah sejak 1975 hingga saat ini. Beragam lagu dari beberapa genre telah ia ciptakan.

Bahkan pada masa orde baru, Iwan fals kerap membat lagu bertema politik yang ditujukan untuk mengkritik pemerintahan pada saat itu.

Karena dinilai menyindir penguasa, Iwan fals sempat disabotase hingga pembubaran paksa terhadap pendengarnya semasa menyanyikan lagu-lagu yang sangat menyindir pemerintahan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Alasan Iwan Fals Tetap Semangat Berkarya Hingga Usianya 60 Tahun, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/09/09/alasan-iwan-fals-tetap-semangat-berkarya-hingga-usianya-60-tahun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm