Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump (Ryan/GridOto.com)
Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump (Ryan/GridOto.com) ( kompas.com)

Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Komponen Fuel Pump Mobil

11 September 2021 21:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih Ada banyak kebiasaan pemilik kendaraan yang kalau dibiarkan terus-menerus bakal membuat komponen mobil cepat rusak. Salah satunya kebiasaan membiarkan tangki bensin tiris.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, mengatakan, kebiasaan tersebut secara langsung dapat mempengaruhi keawetan komponen fuel pump (pompa bensin) atau tangki bensin.

“Yang namanya fuel pump tugasnya adalah menyedot semua bahan bakar yang menuju ke mesin,” ujar Rifat, dalam konferensi virtual (9/9/2021).

Menurut Rifat, beberapa fuel pump punya teknologi untuk meminimalisir bahaya menyedot kotoran. Tapi kondisi pompa bensin mesti prima.

“Masalahnya adalah hanya perlu waktu sekian detik untuk memuat fuel pump itu overheat,” ucap Rifat.

“Jadi tidak direkomendasikan untuk kosong banget tangki bensinnya. Jika kosong, akan ada potensi fuel pump menyedot kotoran,” tuturnya.

Padahal membiarkan tangki bensin kosong juga ada sejumlah kekurangannya. Mulai dari waktu kita yang terbuang sewaktu mobil kehabisan bensin, karena terburu-buru.

Hingga kerugian lain seperti kosongnya tangki dapat menimbulkan potensi karat karena oksidasi.

“Bagaimana kalau ada keperluan mendadak, sementara bensin mau habis? Akan membuang waktu untuk mencari SPBU,” kata Rifat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Fuel Pump Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/11/134200215/jangan-mengosongkan-tangki-bbm-efeknya-dapat-merusak-fuel-pump-mobil.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm