( Ist)

Gubernur Babel Harap Regulasi Hilirisasi Logam Tanah Jarang Segera Diterbitkan

14 September 2021 10:42 WIB

SonoraBangka.id – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menginginkan segera adanya action yang cepat agar regulasi terkait hilirisasi Logam Tanah Jarang (LTJ) dapat diterbitkan, sehingga tidak terus merugikan Babel.

Gubernur khawatir jika tidak cepat adanya regulasi lain yang mengikat, akan berdampak kepada Bumi Serumpun Sebalai sendiri. Sebagaimana diketahui, Bangka Belitung merupakan bagian dari The Indonesian Tin Belt, tentunya sangat berkaitan dengan LTJ.

"Ada beberapa hal yang harus kami sampaikan agar kita tidak terlena, kita seharusnya sudah action jangan sampai cadangan kita habis karena ada sebagian dijadikan negara lain sebagai cadangannya. Dimanfaatkan sembari mereka mengembangkan teknologi yang mumpuni, kita butuh regulasi yang kuat dan pengawasan yang ketat, “ujarnya belum lama ini.

Di hadapan Menteri ESDM, Gubernur LKN, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala Bapeten, serta perwakilan dari intansi terkait, Gubernur Erzaldi menuturkan, sebelumnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) telah berupaya dengan mengeluarkan kebijakan berupa Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Mineral Ikutan dan Produk Samping Timah. Namun, dengan terbitnya UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba, menyebabkan perda tersebut otomatis tidak berlaku.

"Tidak berhenti di situ, upaya kami saat ini kami juga telah membentuk Tim Pengkajian Hilirisasi LTJ bersama Lemhanas, dan juga membentuk Satgas Ekspor Mineral Ikutan Bijih Timah bersama Kemenko Marves,"tuturnya.

Gubernur juga mengatakan Pemprov. Babel telah membuat Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional tahun 2015-2025 khusus LTJ. Pihaknya sudah membuat RPIP dan kawasannya juga sudah dibuat yakni di kawasan Sadai.

“Dan alhamdulilah sudah ada beberapa perusahaan yang memurnikan, namun kegiatan ini belum sepenuhnya diperkuat dengan regulasi dari pemerintah kita sebagai jaminan investasi agar berjalan baik. Sekarang zirkon sudah bisa dimurnikan tinggal bagaimana industrinya kita harap ada juga di Babel. Kita terus mendorong industri permurnian tersebut, dan apabila perlu swasta dilibatkan dan tentunya dengan regulasi yang kuat. Jangan sampai nanti LTJ ini dianggap sebagai limbah padahal masih banyak mineral ikutan yang bernilai tinggi," tegasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm