Ilustrasi potensi tsunami
Ilustrasi potensi tsunami ( traveler1116)

Bahaya Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, Apa Yang Harus Dilakukan?

19 September 2021 08:25 WIB

SonoraBangka.id - Kita ketahui bahwa BMKG belum lama ini memberi peringatan pada pemerintah dan masyarakat Pacitan, Jawa Timur agar berhati-hati.

Pasalnya, sebagai wilayah rawan gempa, BMKG melihat adanya potensi tsunami setinggi 28 meter yang bisa meluluhlantakkan Pacitan.

"Berdasarkan hasil penelitian, wilayah Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dilansir dari Kompas.com.

 

 

Meskipun tsunami belum terjadi, tetapi mengukur potensi tsunami sangat penting untuk merumuskan langkah mitigasi yang tepat.

Skenario terburuk perlu disiapkan untuk menghindari dan mengurangi risiko gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan jika terjadi bencana tsunami di sekitar kita:

1. Prabencana

Kenali tanda-tanda tsunami melalui pengamatan gempa dan pesisir. Gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami akan terasa lama dengan intensitas yang kuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm