Ilustrasi membeli mobil (istimewa)
Ilustrasi membeli mobil (istimewa) ( kompas.com)

Alasan Pemerintah Akhirnya Kembali Perpanjang Diskon PPnBM 100 Persen

19 September 2021 18:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah akhirnya memperpanjang kembali aturan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen. Sebelumnya insentif PPnBM 100 persen harus berakhir pada Agustus, dan berlanjut dengan insentif PPnBM sebesar 25 persen.

Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara, mengatakan, perpanjangan insentif PPnBM 100 persen kembali diberikan karena melihat turunnya grafik penyebaran Covid-19.

Menurutnya, diskon PPnBM 100 persen untuk mobil di bawah 1.500 cc yang habis pada Agustus lalu, diperpanjang sampai akhir 2021.

“Ini baru kita perpanjang, silahkan dinikmati PPnBM gratis sampai dengan bulan Desember 2021,” ujar Suahasil, dilansir dari webinar Wealth Wisdom 2021 (18/9/2021).

“Tujuannya apa? Karena kita lihat sekarang varian Delta-nya sudah melandai, penularan melandai, ini saatnya melakukan proses produksi yang lebih cepat lagi,” kata dia.

Suahasil mengatakan, insentif yang diberikan buat konsumen akan memutar perekonomian dan mendorong industri otomotif.

“Kendaraan bermotornya kemudian diproduksi, mobil di bawah 1.500 cc kandungan TKDN-nya sangat tinggi, mempekerjakan pekerja, dan bisa menggulirkan pendapatan kembali,” ucap Suahasil.

“Ini yang kita lihat momentum, kita dorong. Insentif pajak adalah bentuk dukungan kepada dunia usaha pada saat krisis,” ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah agen pemegang merek (APM) telah memastikan bakan menyesuaikan harga jual yang sudah terlanjur berubah pada September 2021.

"Harga per hari ini sudah direvisi dengan diskon 100 persen,” ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (17/9/2021).

“Harga pada awal bulan sudah kami naikan (imbas PPnBM 25 persen), tapi per hari ini, semua akan kami revisi jadi diskon 100 persen," tuturnya.

Sementara itu, Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian besaran pajak mengikuti regulasi yang berlaku saat ini.

Walau begitu, ia menegaskan kalau harga mobil tidak sepenuhnya ditentukan oleh pajak, namun juga beberapa faktor lainnya seperti, material, nilai tukar, dan sebagainya.

“Kami akan memberikan refund kepada konsumen yang sudah melakukan pembelian sejak awal bulan sampai regulasi diberlakukan," kata Billy (18/9/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Pemerintah Kembali Perpanjang Diskon PPnBM 100 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/19/100100215/alasan-pemerintah-kembali-perpanjang-diskon-ppnbm-100-persen.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm