Bisa Berbahaya Jika Dibiarkan, Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kencing Batu
Bisa Berbahaya Jika Dibiarkan, Ketahui Gejala dan Penyebab Penyakit Kencing Batu ( AaronAmat/iStockphoto)

Ketahui penyakit kencing batu serta gejala dan penyebabnya.

21 September 2021 19:27 WIB

BANGKASONORA.ID - Apakah teman-teman tahu apa itu penyakit kencing batu?

Dilansir dari Cleveland Clinickencing batu atau bladder calculi adalah penyakit yang disebabkan karena tumpukan mineral pada saluran urine.

Mineral itu mengkristal sehingga bisa menyumbat kandung kemih. Sehingga, ketika akan buang air kecil sering kali tidak selesai atau tertahan.

Apabila tidak segera diobati, maka akan menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh dan menyebabkan penyakit lain seperti pendarahan pada saluran pembuangan urine.

Lalu, apa saja ya gejala dari kencing batu dan penyebabnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya  berikut ini.

Gejala Kencing Batu

Penyakit kencing batu bisa menyerang setiap orang. Namun, masalah kesehatan ini banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia dan umumnya terjadi pada laki-laki.

Beberapa gejala kencing batu yang biasa dirasakan oleh orang yang terkena kencing batu, antara lain sebagai berikut:

  • Urine berwarna keruh
  • Sering buang air kecil
  • Buang air kecil terasa sakit atau panas
  • Anyang-anyangan, atau perih saat buang air kecil

Apabila kencing batu yang dialami sudah parah, orang yang terkena penyakit kencing batu bisa saja tidak bisa mengeluarkan urine sama sekali.

Penyakit kencing batu ini bisa diketahui melalui tes urine dan penyinaran sinar X untuk mengetahui apakah terkena kencing batu atau tidak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm