( Ist)

Masalah Irigasi, Wakil Ketua DPRD Babel M Amin dan Komisi II Kunjungi Persawahan Desa Batu Betumpang

23 September 2021 15:45 WIB
 
SonoraBangka.id - Wakil ketua DPRD provinsi kepulauan bangka belitung, Muhammad Amin, bersama Komisi II DPRD Babel, mengunjungi areal persawahan di desa Batu Betumpang kecamatan Pulau besar bangka selatan, guna meningkatkan ketahanan pangan dan terwujudnya swasembada beras di Provinsi kepulauan bangka belitung.(22/09/21).
 
Muhammad Amin mengatakan untuk menunjang produksi persawahan di tingkat petani agar irigasi persawahan di desa Batu Betumpang dapat lebih di tingkatkan, pasalnya, jika irigasi tidak optimal dan berfungsi dengan baik maka dapat mengakibatkan padi akan menguning dan tingkat kesuburan tanaman padi jadi terhambat, bahkan terjadinya gagal panen.
 
"Jadi mari Garap lahan yang kurang produktif, agar menjadi produktif, sehingga adanya peningkatan produksi. dari dulu bangka selatan sudah dicanangkan sebagai lumbung pangan di Bangka Belitung, jadi harus ada solusi terhadap permasalahan pangan ini,"ujarnya.
 
"Kami akan ke kementerian agar pengairan seperti irigasi dapat diperbaiki, Kadang-kadang air mengenangi sawah, ada juga air tidak mengalir ke sawah dan apabila irigasi tidak optimal maka mempengaruhi pertumbuhan padi atau bisa membuat gagal panen,"tambahnya.
 
Sementara Ketua komisi II DPRD Babel Adet Mastur mengatakan harus ada sinkronisasi antara petani, pemerintah desa juga stakeholder terkait untuk membangun dan memperbaiki saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik.
 
"Cadangan pangan dibabel untuk saat ini sudah bekurang apalagi cadangan pangan di kabupaten, maka dari itu kunjungan kami disini mendorong dan mencari solusi apa permasalahan yang dihadapi kelompok tani", tuturnya.
 
Politisi PDIP ini menyarankan agar dapat di bentuk suatu kelembagaan di tingkat petani.
 
"kami telah mengadakan rapat dengan Bulog untuk pembentukan kelembagaan untuk Petani,"pungkasnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm