Ilustrasi mencuci mobil(DOK. SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mencuci mobil(DOK. SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Tips Melakukan Bilas Mobil Setelah Hujan-hujanan

26 September 2021 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Keadaan cuaca saat ini memang tidak menentu, kadang terik tapi tidak lama dari itu langsung turun hujan deras. Sebagai pemilik mobil, baik kondisi kering atau hujan, memang bukan menjadi kendala untuk bepergian.

Tapi ketika mobil digunakan saat hujan, saat sampai di rumah sebaiknya mobil langsung dibilas. Membilas mobil setelah dipakai hujan-hujanan berguna agar menghindari bodi mobil timbul flek atau biasa disebut dengan jamur.

Tentu kalau jamur ini dibiarkan, bodi mobil bisa terlihat kusam, jadi kurang bersih dilihat. Tapi membilas mobil sembarangan juga bisa menyebabkan baret-baret halus di sekujur bodi.

Yuly Kridiawan, kepala Bengkel Bodi & Cat Auto2000 Sunter akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik mobil ketika mau membilas mobilnya, sehingga cat dan bodi bisa tetap mulus dan cerah.

“Pertama semprot daerah bodi mobil dengan air bersih bertekanan. Tujuannya adalah agar kotoran seperti pasir tidak menempel, karena bisa membuat baret pada tahap berikutnya,” ucap Yuly kepada Kompas.com belum lama ini.

Proses selanjutnya adalah cuci dengan sabun cuci mobil. Setelah itu bisa dibilas dengan air bersih dan terakhir dikeringkan atau dilap. Secara umum, proses pembilasan dimulai dari bagian atas bodi baru ke bawah kendaraan.

“Perlu dipisahkan juga alat cuci untuk bagian ban dan pelek serta bagian bodi bawah yang banyak terkena lumpur atau pasir. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya baret saat mencuci bagian lain,” kata Yuly.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Bilas Mobil Setelah Hujan-hujanan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/26/120100615/tips-bilas-mobil-setelah-hujan-hujanan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm