Planet Mars
Planet Mars ( Natgeokids )

Planet Mars Berwarna Merah, Mau Tahu Apa Alasannya ? Cari Tahu Disini

28 September 2021 08:21 WIB

SonoraBangka.id - Kita Tahu bahwa planet mars merupakan planet terdekat dari bumi. Jika muncul, planet ini bisa dilihat saat malam hari, lo.

Dikutip dari kompas.complanet mars telah terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Planet ini terbentuk dari gas, debu, besi, dan puing-puing yang menyatu hingga terbentuklah sebuah planet. 

Penamaan planet mars itu diambil dari nama dewa perang Romawi. Selain itu, planet mars juga dikenal dengan nama bintang merah terang. 

Lalu apa yang menyebabkan fenomena alam ini terjadi? 

Warna merah pada planet mars bisa disebabkan karena peristiwa oksidasi besi atau karat.

Dalam KBBI, peristiwa oksidasi adalah penguraian mineral yang mengandung logam oleh oksigen dan menimbulkan karat. 

Jika dibandingkan dengan planet Bumi, planet Mars lebih banyak mengandung material besi. 

Hal ini karena senyawa besi di Bumi itu tenggelam ke dalam inti bumi, dan peristiwa tersebut terjadi saat planet masih berumur muda dan bersifat lembek. 

Sebaliknya, senyawa besi di planet Mars itu memang ditempa dan tenggelam ke dalam jantung bintang (Mars). Peristiwa ini terjadi saat bintang tersebut telah mati

Ada beberapa ilmuwan yang berpendapat, adanya gravitasi yang lemah dan ukuran planet yang kecil menyebabkan material besi lebih sedikit masuk ke bagian inti dan tersisa di bagian kerak Mars.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm