Menanam timun di pekarangan rumah dengan mudah dan praktis.
Menanam timun di pekarangan rumah dengan mudah dan praktis. ( iStockphoto/Sushaaa)

7 Hama pada Tanaman Timun dan Cara Mengatasinya

30 September 2021 08:33 WIB

BANGKASONORA.ID - Sama seperti tanaman lainnya, tanaman timun yang teman-teman tanam juga bisa terserang hama.

Oleh karena itu, tanaman timun tetap butuh perawatan agar tidak mudah terserang hama. Kita juga harus sering memeriksa tanaman daun dari mulai batang, daunnya, dan buahnya.

Apakah ada tanda-tanda serangan hama atau tidak. Hal ini untuk mengantisipasi serangan hama dan segera mengetahui untuk segera diatasi.

Karena, jika tidak segera disembuhkan bisa mengganggu tanaman timun dan kita jadi gagal panen buah timun. Apa saja jenis hama tanaman yang bisa menyerang timun? Yuk, cari tahu berikut ini.

1. Kutu Putih

Hama yang kutu putih juga bisa menyerang tanaman timun yang sedang ditanam, lo. Hama kutih putih berkembang biak dengan cepat baik secara kawin maupun tidak kawin.

Oleh karena itu, teman-teman perlu segera membasminya agar tidak semakin parah. Caranya, gunakanlah insektisida klortrin yang bisa teman-teman temukan di toko pertanian terdekat.

2. Ulat Grayak

Tanaman timun juga bisa terkena hama ulat, seperti hama ulat grayak. Hama ini menyerang daun dan buah timun yang teman-teman tanam.

Ulat ini akan menyerang buah timun yang masih mudah sebelum kita sempat memanennya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm