( Ist)

Tingkatkan Hasil Tangkapan Nelayan, PT Timah Tbk Bersama Nelayan Tempilang Tenggelamkan Rumpon

30 September 2021 10:17 WIB

SonoraBangka.id - Para nelayan di Kecamatan Tempilang tampak antusias saat menyaksikan penyerahan rumpon secara simbolis dari PT Timah Tbk kepada Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Pantai Selepuk Kecamatan Tempilang, Selasa (28/09/2021).

Sebanyak 55 rumpon yang diserahkan tersebut merupakan rumpon yang dibuat para nelayan dibantu beberapa tukang. Rumpon berbentuk limas akan ditenggelamkan ke laut yang nantinya akan menjadi rumah ikan.

”Secara teknis kami kurang paham dalam pembuatan rumpon ini, jadi kami bekerjasama dengan beberapa tukang dalam pembuatannya dan Alhamdullilah dari sini kami bisa belajar membuat rumpon,” ujar Ketua kelompok nelayan Bintang Laut, Masdianto atau yang akrab disapa Baidi.

Rumpon - rumpon ini akan ditenggelamkan di empat titik yang berjarak sekitar 1 sampai 2 Mil yang tersebar diwilayah laut Tempilang.

PT Timah Tbk menggandeng beberapa kelompok nelayan dalam penenggelaman rumpon seperti kelompok Nelayan Bintang Laut, Nelayan Batu Putih, Nelayan Trisa Indah, Nelayan Ketapang, serta Nelayan Benteng Kota dan Tanjung Niur.

Baidi Berharap nantinya rumpon - rumpon ini akan dimanfaatkan oleh kelompok - kelompok Nelayan yang ada di Kecamatan Tempilang serta masyarakat Tempilang sehingga bisa meningkatkan hasil tangkap Nelayan.

“Semoga PT Timah dapat selalu bersinergi dengan masyarakat, khususnya melayan. Serta dapat menambahkan lagi jumlah rumpon yang ada dilaut Tempilang,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua kelompok Nelayan Tanjung Niur,Romidan berharap agar jarak penenggelaman rumpon ini jangan terlalu jauh dari bibir pantai, agar memudahkan nelayan dalam mencari ikan dan juga mengurangi biaya operasional serta risiko kalau melaut ke tengah.

“Kalau bisa jaraknya jangan jauh-jauh, agar kami mencari ikannya dekat-dekat sini saja,” tuturnya.

Senada, Penyuluh Perikanan kabupaten Bangka Barat Andi menuturkan, kerjasama yang dilakukan nelayan dengan PT Timah sangat bagus.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm