Ilustrasi proses spooring ban mobil (liveabout.com)
Ilustrasi proses spooring ban mobil (liveabout.com) ( kompas.com)

Ketahui Penyebab Dari Ban Mobil Lebih Cepat Botak

30 September 2021 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu yang harus diperhatikan pada mobil, yakni ban. Masalahnya ban merupakan salah satu komponen fast moving dan mempunyai batas usia pemakaian.

Ban mobil juga memegang peranan penting karena fungsinya yang menahan beban kendaraan serta berpengaruh terhadap handling mobil. Seiring pemakaiannya, ada beberapa alasan yang mengakibatkan keausan ban dapat lebih cepat dari biasanya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan ban mobil lebih cepat aus, salah satunya karena cara berkendara.

"Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan keausan ban, salah satunya karena kebiasan atau cara pengemudi membawa mobilnya," kata Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain cara pembawaan, perlakuan pengemudi yang jarang memperhatikan perawatan ban juga dapat mempercepat keausan pada ban.

Salah satunya yakni kebiasaan buruk pengemudi yang menggunakan tekanan angin tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Tekanan angin yang tidak sesuai akan membuat ban tidak bekerja maksimal dan lebih cepat aus.

Selanjutnya, membawa muatan yang berlebihan. Jika muatan mobil berlebihan maka otomatis gesekan yang terjadi antara permukaan ban dengan aspal juga semakin besar. Akibatnya keausan ban terjadi lebih cepat.

"Selanjutnya yakni melakukan akselerasi yang tiba-tiba dan melakukan pengereman tiba-tiba," ucap Zulpata.

Disarankan untuk pengemudi mengemudikan kendaraannya secara normal dan wajar. Jangan paksakan kendaraan untuk melakukan manuver yang berlebihan.

Alasan lain ban cepat botak yakni jarang atau kurang mengecek kelurusan dan kesetimbangan roda. Lakukan spooring dan balancing agar kesetimbangan dan kelurusan roda mobil tetap terjaga.

Jangan lupa juga untuk periksa kaki-kaki mobil dan juga suspensi mobil. Pada dasarnya kalau salah satu suspensi bermasalah maka akan membuat salah satu ban menanggung beban lebih. Hal ini juga mengakibatkan ban akan lebih cepat aus.

Terakhir jarang melakukan rotasi ban. Rotasi ban pada mobil juga perlu dilakukan agar ban habis secara merata. Kadang kala ban habis pada sebagian sisi saja karena beban kendaraan, maka dari itu perlu dilakukan rotasi ban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Penyebab Ban Mobil Lebih Cepat Botak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/30/111200915/ketahui-penyebab-ban-mobil-lebih-cepat-botak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm