Ilustrasi Ngemil
Ilustrasi Ngemil ( HAI Online)

3 Tips Ngemil Supaya Berat Badan Tetap Terjaga

1 Oktober 2021 13:34 WIB

SonoraBangka.ID - 

Saat masih pandemi belum berakhir, hampir semua kegiatan kita berada di rumah. Mulai dari sekolah, kuliah dan bekerja kita lakukan dari rumah. Nah, biasanya ada camilan sebagai teman untuk beraktivitas di rumah.  Namun, sebaiknya tetap dikontrol ya, jangan sampai kita ngemil seharian yang akhirnya bikin berat badan jadi naik.

Sebelum ngemil kita harus menerapkan konsep mindfull eating. Intinya kita harus tahu kebutuhan makan untuk tubuh mulai dari porsi, nutrisi, dan kalori. Kesadaran ini wajib karena kalau diabaikan nantinya kita akan makan dengan porsi berlebih.

Ada tiga tips dari dokter Susan Albers dari Cleveland Clinic yang wajib dipatuhi agar berat badan tetap terjaga meski sering ngemil.

1. Makan atau ngemil sambil duduk

Makan atau ngemil lebih baik dilakukan dengan posisi duduk. Kenapa? Menurut penelitian orang yang makan sambil duduk di meja makan akan makan lima persen lebih sedikit.

2. Makan dan kunyah perlahan

Saat makan atau ngemil, kunyahlah secara perlahan-lahan. Hindari ngemil sambil melakukan aktivitas lain seperti mengerjakan tugas kuliah atau nonton. Kebiasaan seperti ini justru membuat kita sering lupa diri sehingga makan lebih banyak. Ingat ya!

3. Berhenti saat camilan habis

Seringkali saat camilan habis, kita akan menambah porsi. Saat porsi camilan habis hentikan dan lanjutkan aktivitas lainnya. Saat di dalam rumah kita hanya beberapa langkah dari dapur dan kulkas.  

Kita harus sadar bila kita ngemil bukan untuk sekedar menghilangkan rasa bosan atau stres. Pastikan kita ngemil atau makan karena lapar karena bila tidak tanpa sadar akan membuat pola makan kita berlebih.

(*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm