Barista Kedai Secangkir Insipirasi Kopi menyajikan kopi di gelaran Hari Kopi Internasional di Lapangan Enggal, Lampung, Sabtu (2/10/2021).
Barista Kedai Secangkir Insipirasi Kopi menyajikan kopi di gelaran Hari Kopi Internasional di Lapangan Enggal, Lampung, Sabtu (2/10/2021). ( (KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA))

Dari Petani untuk Penikmat Senja , di Hari Kopi Internasional

2 Oktober 2021 16:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini kopi bukan lagi sekadar minuman. Kopi sudah menjadi gaya hidup dan dianggap prestise di kalangan kaum muda. Dika Saputra (23) membuka toples kaca yang ada di atas meja sebuah kedai kopi di area Lapangan Enggal, Lampung, Sabtu (2/10/2021).

Lalu Dika menyendok biji kopi di dalam toples, lalu menghirupnya dalam-dalam, kemudian menaruhnya kembali dan beralih ke toples lain.


Di toples ketiga, pekerja kreatif ini mengangguk-angguk seperti telah menemukan aroma yang dia cari.

"Lagi cari buat stok, Bang. Mumpung kedai (kopi) lagi pada ngumpul di sini. Siapa tahu dapat promo diskon," ucap  Dika kepada Kompas.com pada Sabtu pagi.


Lokasi tersebut adalah tempat pusat perayaan Hari Kopi Internasional 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Hari Kopi Internasional jatuh pada 1 Oktober 2021.


Belasan kedai kopi ambil bagian dalam perayaan tersebut dengan membuka lapak di lokasi itu. Dika juga mengaku sangat tergila-gila dengan kopi sejak dia memutuskan menjadi freelancer di bidang desain grafis.

Ruang kerjanya adalah sejumlah kedai kopi yang ada di Bandar Lampung. "Bagi saya, kopi bukan sekadar minuman biar mata tetap melek begadang. Tapi jadi sumber inspirasi. Sehari enggak ngopi, buntu otak saya,"ucap Dika.

Menurut Dika, kopi pun bisa menjadi "penyambung" ketika dia dan rekan-rekannya berkumpul. Kopi membuat proses mengolah ide menjadi lebih mengalir.


"Kumpul sama teman selingkaran saja biasanya, Bang. Ya satu hobi, satu kerjaan juga. Awalnya sama-sama nge-fans sama band indie, Fourtwnty, Payung Teduh. Habis itu mulai ngopi bareng," ucap Dika.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm