Lo udah tahu belum, nih, sejarah asal-usul kata oke?
Lo udah tahu belum, nih, sejarah asal-usul kata oke? ( HAI Online)

Sering Digunakan dalam Obrolan Sehari-hari, Inilah Asal-Usul Kata ‘Oke’

3 Oktober 2021 13:27 WIB

SonoraBangka.ID - 

 Semua orang pasti udah nggak asing sama istilah oke atau OK dalam percakapan sehari-hari, yang bisa dibilang merupakan kata universal yang bisa dipahami di hampir semua negara.

Namun lo udah tahu belum, sih, bahwa istilah tersebut ada sejarahnya sendiri?

Jika kita cek di KBBI V Daring, kata oke dikategorikan sebagai kata kerja yang bermakna ‘setuju’ dan partikel yang bermakna ‘kata untuk menyatakan setuju; ya’. 

Keduanya berlabel cakapan (cak.) yang artinya digunakan pada situasi nonformal.

Nah jika ditarik dari sejarah etimologinya, melansir laman Instagram Kemdikbud Ristek pada Sabtu (2/10/2021), kata oke yang tergolong slang atau bahasa gaul ini sebenarnya merupakan singkatan dari frasa all right, correct yang salah dieja dan terdengar seperti oll korrect

 Inilah asal-usul frasa tersebut akhirnya disingkat menjadi O.K. di Amerika pada 1839.

Singkatan O.K. ini kemudian mencapai popularitasnya karena pemilu di Amerika pada 1840. Hal itu terjadi saat O.K. Club, pendukung Presiden Martin Van Buren menyebutnya dengan julukan Old Kinderhook (O.K) dan menjadikannya sebagai slogan mereka.

Old Kinderhook yang berada di New York sendiri diketahui merupakan kampung halaman Martin Van Buren.

Namun ternyata slogan O.K. tersebut gagal membawanya ke kursi presiden AS untuk periode selanjutnya.

Nah singkatan O.K. yang udah kadung populer ini akhirnya digunakan untuk menuliskan pernyataan persetujuan secara cepat pada dokumen, tagihan, dll pada rentang 1881–1888.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm