Ilustrasi kesemutan, kesemutan saat bangun tidur, kesemutan saat bangun tidur tanda penyakit apa
Ilustrasi kesemutan, kesemutan saat bangun tidur, kesemutan saat bangun tidur tanda penyakit apa ( (Shutterstock/LeventeGyori))

Ketika Bangun Tidur Langsung Kesemutan, Tanda Penyakit Apa ? Ini Penjelasannya

7 Oktober 2021 06:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Kesemutan ketika bangun tidur biasanya terjadi saat  salah satu bagian tubuh tertindih ketika tidur. Peredaran darah yang tidak lancar lantaran tekanan pada saraf tersebut menyebabkan kesemutan dan mati rasa.

Namun, di beberapa kejadian kesemutan saat bangun tidur juga bisa jadi tanda penyakit yang tidak boleh disepelekan. Kesemutan yang hanya terjadi sesekali ini umumnya wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Anda pun perlu waspada bila kesemutan saat bangun tidur kerap terjadi.

Penyebab kesemutan saat bangun tidur tanda penyakit apa ?

Disarikan dari berbagai sumber, kesemutan saat bangun tidur dapat  terjadi tanda penyakit yang perlu diwaspadai seperti:

Carpal tunnel syndrome

Penyakit ini disebabkan karena tekanan pada saraf media di bagian depan pergelangan tangan.

Selain sering kesemutan saat bangun tidur, gejala lain penyakit ini yakni cengkeraman tangan jadi kurang kuat atau gampang lemas

Penyakit spondilosis serviks leher

Penyakit ini disebabkan karena cakram tulang belakang di leher aus. Biasanya, masalah kesehatan ini dialami kalangan lansia. Selain kesemutan, tanda lainnya adalah  spondilosis serviks leher di antaranya leher kaku, serta tungkai dan kaki mati rasa.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm