Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.(Otomania-Donny Apriliananda)
Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.(Otomania-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Cara Untuk Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis

8 Oktober 2021 20:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Kampas kopling termasuk dalam golongan komponen slow moving alias memiliki waktu pergantian yang cukup panjang. Tapi, kampas kopling pada mobil manual juga mempunyai usia pakai.

Walau sebetulnya tidak ada aturan waktu, karena semuanya tergantung dari perawatan dan penggunaan dari si pemilik kendaraan.

Jika pemilik mobil rajin mengganti oli serta melakukan perawatan berkala ditambah pengunannya tidak kasar, maka usia pakai kampas kopling bisa panjang.

Bila pemilik kendaraan kasar dalam pemakaiannya dan jarang melakukan perawatan, dapat dipastian kampas kopling bisa cepat habis lantaran cepat terkikis.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, menipisnya kampas kopling bisa menurunkan perfoma kendaraan.

“Paling terasa saat ditanjakan, tiap kali memindahkan gigi, tarikan mobil juga tidak langsung lepas, seperti tertahan. Efeknya sedikit berat yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros,” ucap Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Suparman menganjurkan, agar pemilik kendaraan segera mengganti bila kampas kopling yang sudah menipis. Pasalnya, semakin lama mengendarai mobil dengan kampas mobil yang habis akan membuat kerugian makin banyak, biaya perbaikannya juga semakin membengkak.

Bagi pengendara mobil manual, ada beberapa ciri yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui kampas kopling mobil yang sudah menipis. Paling mudah diketahui dari jarak injak pedal kopling.

“Biasanya jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek, bagi yang sering menggunakan mobil setiap hari pastikan bisa merasakan perbedaannya. Efek boros bisa terjadi karena saat kampas habis, tenaga mesin yang akan ditransfer ke roda berkurang. Alhasil, putaran rpm akan lebih besar dari biasanya,” kata dia.

Agar lebih akurat, pengemudi bisa mengetes masalah kampas kopling ketika sedang menanjak. Saat melepas pedal kopling dan mulai menginjak gas, umumnya kampas yang menipis akan membuat putaran lebih lambat yang membuat mesin seakan tak bertenaga.

Faktor kebiasaan kaki yang sering menempel di pedal kopling juga bisa menjadi penyebab singkatnya usia kampas mobil. Karena itu, Suparman menganjurkan saat berkendara, bila tak dibutuhkan jangan biasakan meletakan kaki di atas pedal kopling.

“Itu jenis kebiasaan yang kurang disadari, ada lagi kebiasaan yang merugikan, yakni menahan setengah kopling biasanya dilakukan ketika tanjakan, ini juga buruk dilakukan. Lebih baik memanfaatkan rem tangan,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/08/114200615/cara-mengetahui-ciri-kampas-kopling-menipis.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm