Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/Africa Studio )

Atasi Gangguan Kecemasan dengan 3 Cara Sederhana Berikut Ini

11 Oktober 2021 15:22 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin bagi kebanyakan orang, tentu pernah mengalami perasaan cemas, baik itu dalam waktu singkat atau tidak.

Kecemasan ini merupakan kondisi wajar yang pasti pernah dialami oleh setiap orang dalam beragam kadar dan alasan.

Mulai dari masalah pekerjaan, pengasuhan anak, hubungan dengan kekasih, dan banyak alasan lain, bisa menjadi pemicu munculnya kecemasan.

Wendy Suzuki, Ph.D., ahli saraf dan penulis Good Anxiety, menyebut pada suatu titik ketika kecemasan harian telah mencapat batas yang amat tinggi, bisa membuat orang tak mampu lagi memetakan penyebab kecemasan itu.

Dengan demikian, menurut Suzuki, setiap orang harus mampu belajar menguragi kadar atau volume kecemasan tersebut.

"Untuk mencoba dan kembali ke elemen kecemasan yang protektif dan produktif, pertama-tama kita perlu belajar cara menolaknya," kata dia.

Berikut adalah tiga tips dari Suzuki tentang bagaimana cara meredam rasa cemas yang terus datang mengganggu.

1. Ambil napas dalam-dalam

"Kedengarannya sederhana, tapi ini sangat berharga buat kita," ungkap Suzuki. Dia menyebutkan, kecemasan mengaktifkan bagian fight-or-flight dari sistem saraf.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm