ilustrasi WhatsApp
ilustrasi WhatsApp ( )

Nah Begini Cara Kirim Gambar dan Video dengan Resolusi Tinggi di WhatsApp

14 Oktober 2021 14:05 WIB

SonoraBangka.ID - Masih kesulitan untuk mengirim gambar di WhatsApp dengan kualitas yang bagus?

Eitss tenang aja nih, karena WhatsApp kini mengeluarkan fitur terbarunya yaitu opsi untuk mengirim gambar danvideo dengan kualitas lebih baik.

Nama fitur barunya adalah "Kualitas Foto Unggahan", dengan fitur ini pengguna akan diberikan pilihan saat mengirim gambar dan video dengan pilihan “otomatis”, “kualitas terbaik”, dan “penghemat data”.

Melansir Kompas.com, opsi ini berlaku bagi para pengguna pada WhatsApp versi terbaru 2.21.18.17.

Berarti kalo mau mengatur kualitas gambar dan video WhatsApp, pengguna terlebih dahulu harus mendownload WhatsApp versi terbaru di PlayStore.

Jika sudah terinstall, langsung masuk ke “Setelan” kemudian pilih “Penyimpanan dan data”. Setelah itu klik menu “Kualitas foto unggahan”.

Selanjutnya akan keluar opsi:

  • Otomatis (disarankan)
  • Kualitas terbaik
  • Penghemat data.

Informasi dari laman Wabetainfo, disarankan untuk memilih opsi “otomatis”, karena nantinya WhatsApp akan mendeteksi kompresi apa yang terbaik untuk gambar yang akan diunggah.

Sedangkan “kualitas terbaik” nantinya WhatsApp akan mengirim gambar menggunakan kualitas terbaik dari gambar maupun video yang ingin dikirim. Kalo opsi “penghemat data”, nantinya file yang akan dikirim bakalan dikompresi terlebih dahulu.

Seperti diketahui WhatsApp jika mengirim file foto ataupun video selama ini kualitasnya nggak begitu baik karena otomatis dikompres terlebih dulu. Makanya gambar yang dikirim seringkali pecah karena file seize yang dikurangi.

Biasanya untuk mensiasati hal tersebut, para pengguna mengirimkan file dalam bentuk dokumen sehingga gambar yang dikirim kualitasnya nggak menurun.

Dikutip dari The Verge, fitur baru ini membuat penggunanya bisa memaksa media yang dikirim untuk lebih dikompresi apabila pengguna khawatir dengan kecepatan internetnya maupun paket datanya.

Namun pengguna juga memiliki opsi untuk menurunkan sedikit jumlah kompresi unggahan guna memastikan gambar atau video dikirim dalam kualitas setinggi mungkin.

Nah, fitur baru ini tentu menjadi jalan keluar bagi kita semua yang sering mengirim gambar maupun video dengan file seize yang besar dan nggak ingin gambarnya menjadi pecah.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm