Biji Kopi Arabika dan Robusta
Biji Kopi Arabika dan Robusta ( tribunnews.com)

Inilah Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Perlu Kamu Ketahui

21 Oktober 2021 14:26 WIB

SonoraBangka.ID - Coffee shop kini menjadi tren di kalangan anak muda baik untuk sekedar nongkrong atau pun mengerjakan tugas.

Segala menu kopi pun disediakan di sana. Akan tetapi, tau nggak sih ternyata dari beragam jenis menu kopi, yang paling umum dijumpai adalah biji kopi Arabika dan Robusta.

Nah, apa kalian tahu apa perbedaan antara biji kopi Arabika dengan Robusta? Mungkin kalian cuma pernah mendengar kedua jenis kopi tersebut sebelumnya, tapi ternyata dari rasa dan baunya pun berbeda lho.

Melansir Kompas.com yang dikutip dari The Kitchn, 12 Maret 2021, biji kopi Arabika cenderung menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa lembut, segar, dengan sensasi buah atau biasa disebut fruity.

Sementara itu, biji kopi Robusta menghasilkan kopi dengan cita rasa yang lebih pekat dan kuat. Selain itu, biji kopi Robusta memiliki kandungan kafein dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji kopi
Arabika.

Dikutip Kompas.com, 1 Juni 2020, William Heuw, owner dari brand Kopi Kangen, menjelaskan bahwa biji kopi Arabika dan Robusta memiliki perbedaan dari segi penanaman dan perawatan.

Menurutnya, biji kopi Robusta lebih tahan terhadap hama dan penyakit, serta nggak terlalu sulit dalam perawatannya.

Ia mengatakan, pohon penghasil biji kopi Robusta hanya perlu ditanam di lahan yang berada di ketinggian di bawah 1.000 mdpl.

Sedangkan, Arabika penanamannya baiknya di atas 1.000 atau 1.500 mdpl. Karena itu, lahan kebun kopi Robusta juga cenderung lebih luas daripada kopi Arabika.

Menurutnya kalo Arabika harus ditanam di atas gunung. Untuk di Indonesia mayoritas petani menanam Robusta karena lebih gampang.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm