ILUSTRASI
ILUSTRASI ( IST)

Kasus DBD di Kabupaten Bangka Tahun 2021 Tinggi, Hampir Jadi Kejadian Luar Biasa (KLB)

23 Oktober 2021 08:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bangka tahun 2021 hampir ditetapkan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Ketika dikonfirmasi Bangkapos.com, Jum'at (22/10/2021), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti menyebutkan bahwa pada bulan September 2021 lalu, kasus DBD di Kabupaten Bangka hampir ditetapkan menjadi KLB.

Lantaran terdapat sebanyak 25 kasus DBD pada September 2021 yang jumlahnya sangat jauh berbeda dengan September 2020 lalu yang mana jumlah kasusnya hanya sebanyak 15 kasus.

"Perlu saya tekankan bahwa penerapan KLB dalam kasus DBD dilakukan melalui perbandingan jumlah kasus pada bulan yang sama dengan tahun sebelumnya. Jadi kalau bulan September 2021 dibandingkan dengan bulan September 2020, begitupun seterusnya," ucap Then.

Selain itu, untuk bulan Oktober ini, jumlah kasus yang tercatat per hari ini adalah sebanyak 11 kasus.

"Jadi, pendataan kasus DBD dilakukan setiap awal bulan terhitung mulai tanggal 1," katanya.

Ia mengatakan bahwa kasus DBD di Kabupaten Bangka mulai Januari 2021 hingga hari ini berjumlah sebanyak 93 kasus, sedangkan pada tahun 2020 lalu ada sebanyak 119 kasus.

"Saya harap jumlah kasus tahun ini tidak melampui jumlah kasus pada tahun sebelumnya," katanya.

Then menuyebutkan bahwa masa recovery (penyembuhan) DBD biasanya Hanya berlangsung 5-7 hari saja.

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak terlalu cemas dan khawatir serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm