( )

Kunjungi 3 Negara, Jokowi Hadiri KTT G20 Hingga Konferesi Perubahan Iklim

29 Oktober 2021 13:37 WIB

SonoraBangka.Id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kunjungan kerja ke luar negeri meliputi tiga negara Italia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab. Dua kunjungan pertama adalah untuk partisipasi pada KTT G-20 di Roma Italia pada 30 Oktober – 31 Oktober.

Lalu, menghadiri KTT pemimpin dunia UN Climate Change Conference of the Parties (COP 26) atau konferensi perubahan iklim di Glasgow Skotlandia pada 1 November – 2 November 2021.

 

Selain hadir dalam acara utama G20, Jokowi juga telah diminta untuk berbicara dalam side event mengenai usaha mikro, usaha kecil, UMKM dan peran perempuan.

Undangan tersebut menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan keberpihakan Indonesia kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM.

“Selain itu saya akan melakukan berbagai pertemuan – pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia dan di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan Presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia ini akan dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022,” ujar Jokowi dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (29/10).

Jokwi mengatakan, kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia sudah akan dimulai bulan Desember 2021.

“Hal ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita, bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab besar yang harus kita jalankan dengan baik,” ucap Jokowi.

Berikutnya, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Glasgow Skotlandia untuk menghadiri KTT perubahan iklim COP 26 tanggal 1 November sampai 2 November 2021.

KTT ini akan dipimpin langsung oleh PM Inggris Boris Johnson dan akan dihadiri sekitar 120 Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

“Beberapa hari yang lalu, PM Boris Johnson juga telah menelepon saya guna membahas persiapan COP 26 ini,” ujar Jokowi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm