( Ist)

Pemprov Babel Kembali Mou Dengan UNY

1 November 2021 10:16 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali menandatangani Nota Kesepahaman antara Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Kamis (28/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi mengatakan kerjasama dengan UNY dan percepatan seperti ini perlu dilakukan agar pendidikan tidak tertinggal di Babel, karena SDM saat ini harus mampu menghadapi tantangan global kedepan.

"Kami perlu mengkolaborasi ini agar lebih fokus terhadap perkembangan dunia pendidikan diantara keterbatasan pendidikan di Babel," ungkapnya.

Ditandatangani MoU ini agar program-program yang sudah berjalan dapat terus belanjut. Termasuk program khusus diminta khusus Gubernur Erzaldi kepada UNY, yakni program cepat atau jangka pendek dan program jangka panjang.

"Jangka panjang, seperti para mahasiswa dengan program tambahan selain berkuliah normal sedangkan untuk program cepat dilakukan untuk para guru SMK dan SLB," ungkapnya.

Melalui program yang dimaksud, dirinya ingin para guru lebih cepat lebih hebat seperti harapan masyarakat. Karena Pembelajaran di SMK saat ini metode pembelajarannya 60 persen lapangan, sementara 40 persen teori. sehingga guru-guru perlu di mix-match kan kebutuhan dengan kemampuan pengelolaan SDM.

Pemprov Babel dalam kerjasamanya dengan UNY, hingga saat ini telah mengirimkan sebanyak 38 siswa jenjang S1 dan S2, dengan rincian pada tahun 2018 ada 6 mahasiswa S1, tahun 2019 ada 13 mahasiswa S1 dan 5 mahasiswa S2, sementara tahun 2020 ada 8 mahasiswa S2, sedangkan tahun 2021 ada 6 mahasiswa S1.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang potensial dijajaki kedepan adalah pendampingan pendirian SKO (Sekolah Kelas Olahraga), pembinaan olahraga prestasi (panahan, silat, atletik, bola voli pantai), pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, peningkatan kompetensi guru SMA dan SMK berbasis kewirausahaan, peningkatan kompetensi kepala sekolah, peningkatan SDM melalui studi lanjut.

Selain itu, penempatan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi di Babel serta pengembangan inovasi pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini diinisiasi oleh Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY khususnya bidang Kemitraan Dalam Negeri.

Sementara Pihak UNY, menyambut baik kerjasama yang telah terjalin sejak lama ini untuk kembali terjalin. Komitmen ini bahkan diucapkan langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.
Dikatakan sang Rektor, bahwa pihaknya menunggu arahan dari Pemprov Babel kerjasama apa saja yang akan dilakukan.

Dikatakannya pula, secara pribadi selain memiliki kecintaan khusus terhadap Babel karena keindahan alamnya salah satunya, bahkan dirinya memiliki 5 orang anak asuh yang berkuliah di UNY asal Babel.

Disamping itu, mahasiswa Babel yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan tugas akhirpun, menjadi komitmen untuk dibantu kesulitannya. Terlebih bagi mahasiswa baru asal Babel, pihaknya sangat terbuka untuk berkonsultasi dan memberi masukan dan solusi.

"Teman-teman, layani secara maksimal tamu-tamu kita ini," ungkap Rektor UNY kepada para wakil rektor dan jajaran.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm