Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk anak
Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk anak ( freepik)

Kini Vaksin Covid-19 untuk Anak Mulai Berlaku, Ini Rekomendasi IDAI

4 November 2021 06:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Vaksin Covid-19 yang awalnya hanya digunakan untuk orang berusia di atas 18 tahun saja. Kini  sejak dimulainya sekolah tatap muka, ikatan Dokter Anak Indonesia mengeluarkan rekomendasi pembaruan terkait vaksinasi Covid-19 (Coronavac) untuk anak usia 6 tahun keatas.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), rekomendasi terbaru ini dikeluarkan lantaran anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus Corona dari dan ke orang dewasa disekitarnya walau tanpa gejala.

Oleh sebab itu, pentingnya mengontrol secara terus menerus penularan dan transmisi COVID-19 di Indonesia.

Sementara itu, sejumlah laporan dari hasil pembelajaran tatap muka dari beberapa negara dunia yang menyatakan adanya peningkatan kasus rawat inap pasien anak dengan Covid-19.

Data Satuan Tugas Covid-19 Nasional per 1 November 2021, proporsi kasus anak terinfeksi Covid-19 sebesar 13 persen.


Rekomendasi IDAI

Melihat fenomena tersebut, IDAI merekomendasikan pemberian imunisasi Covid-19 Coronavac pada anak golongan usia 6 tahun keatas.

Pemberian vaksin Coronovac tersebut diberikan secara intramuskular dengan dosis 3ug (0,5 ml) sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu.

IDAI juga mengingatkan bahwa vaksinasi ini tidak direkomendasikan bagi anak yang memiliki atau mengalami kontraindikasi sebagai berikut:

- Defisiensi imun primer

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm