Pahlawan Mayor Daan Mogot
Pahlawan Mayor Daan Mogot ( )

Dikenal sebagai Nama Jalan, Daan Mogot Sebenarnya Merupakan Sosok Pahlawan Indonesia

5 November 2021 11:51 WIB

SonoraBangka.ID - Mungkin bagi orang Jakarta nama Daan Mogot lebih banyak dikenal sebagai nama jalan.

Jalan ini membentang dari Grogol, Jakarta Barat hingga Sukarasa, Tangerang. Bisa dibilang jalan ini sangat sibuk tiap harinya dilalui berbagai macam kendaraan.

Tapi, lo pada tau nggak nih ternyata Daan Mogot bukan sekedar nama jalan, melainkan seorang sosok pahlawan.

Yap, Daan Mogot merupakan seorang prajurit yang gugur dalam sebuah pertempuran bernama Pertempuran Lengkong.

Mayor Daan Mogot memiliki nama asli Elias Daniel Mogot. Ia lahir di Manado pada 28 Desember 1928. Akibat perjuangannya di pertempuran kala itu, ia harus kehilangan nyawa di usianya yang baru menginjak 18 tahun.

Kisah Daan Mogot

Daan Mogot saat itu harus berjuang di Pertempuran Lengkong yang terjadi di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Tangerang. Mungkin kalo sekarang tempat kejadiannya berada di area kompleks perumahan Bumi Serpong Damai (BSD).

Pertempuran Lengkong terjadi di hari Jumat, 25 Januari 1946. Saat itu pasukan prajurit Indonesia mendapatkan misi untuk melucuti senjata tentara Jepang.

Misi tersebut dipimpin Mayor Daan Mogot yang menjadi bagian taruna Militer Akademi Tangerang atau Militaire Academie Tangerang (MAT) kemudian datang secara damai ke Lengkong.

Melansir Kompas.com, dikutip dari arsip Harian Kompas 26 Januari 1996, misi tersebut dilakukan Mayor Daan Mogot dan pasukannya karena nggak ingin didahului oleh serdadu NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang dikabarkan mulai menguasai Parung pada 24 Januari 1946 dan mulai bergerak untuk menguasai kawasan Lengkong.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm