Ilustrasi sabuk pengaman(talkbusiness.net)
Ilustrasi sabuk pengaman(talkbusiness.net) ( kompas.com)

Cara Menggunakan Sabuk Pengaman Mobil yang Tepat

9 November 2021 22:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sabuk pengaman atau seat belt merupakan fitur keselamatan yang sangat penting di mobil guna menahan tubuh pengemudi dan penumpang sehingga mengurangi dampak saat mengalami kecelakaan.

Apabila abai, pengemudi maupun penumpang bisa mengalami cedera yang serius hingga terlempar ke depan atau samping ketika terjadi benturan cukup keras.

Kewajiban mengenakan sabuk pengaman sendiri telah diatur di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Sabuk pengaman juga harus digunakan dengan benar agar mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Senin (8/11/2021).

Lalu, bagaimana penggunaan sabuk pengaman mobil yang tepat? Berikut lima cara menggunakan sabuk pengaman mobil:

1. Gunakan Sabuk Bagian Atas dengan Benar

Secara umum, sabuk pengaman diciptakan oleh produsen mobil yang sudah menyesuaikan dengan segala bentuk pundak dari pengendara maupun penumpang.

Fitur ini dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh. Tetapi, pengemudi kerap kali mengeluhkan bahwa tali dari sabuk pengaman tidak nyaman.

Bahkan, justru menggunakan sabuk pengaman dengan menyelipkannya di belakang punggung. Bila Anda melakukan hal serupa, kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi keselamatan akan menurun.

2. Perhatikan Tali Bagian Bawah Sabuk Pengaman

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm