Ketua Umum Gaikindo memberikan sambutan pada peresmian GIIAS 2021, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/11/2021).(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan)
Ketua Umum Gaikindo memberikan sambutan pada peresmian GIIAS 2021, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/11/2021).(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan) ( kompas.com)

Indonesia Sudah Swasembada Otomotif

11 November 2021 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada pembukaan pameran GIIAS 2021, Gaikindo mengumumkan bahwa industri otomotif Indonesia tahun ini mulai mencatatkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, meningkatnya capaian industri otomotif tak lepas dari kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Saat ini Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor (otomotif),” ujar Nangoi, dalam upacara pembukaan GIIAS 2021 di Tangerang (11/11/2021).

Mantan Presiden Direktur Isuzu Indonesia ini melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan domestik otomotif sudah mampu dipenuhi oleh industri lokal. Selain itu, kinerja industri juga hingga memenuhi pasar ekspor.

Nangoi mengatakan, melalui kebijakan PPnBM-DTP, capaian industri otomotif menghasilkan kenaikan yang cukup baik.

Tercatat, kendaraan-kendaraan yang mendapat kebijakan PPnBM-DTP ada 36 model jenis kendaraan, adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan local purchase lebih dari 60 persen pada periode Januari-Oktober 2021.

“Dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 tercatat kenaikan hingga 68 persen. Kami juga mohon maaf sampai saat ini masih terjadi antrean pemesanan kendaraan,” ucap Nangoi.

Selain itu, Nangoi juga menambahkan, pada periode yang sama kenaikan angka ekspor meningkat sampai 33,5 persen.

“Sebagai lokomotif industri, pulihnya kegiatan industri kendaraan bermotor menyerap total tenaga kerja lebih dari 1,5 juta orang,” kata Nangoi.

“Turut diikuti juga dengan bangkitnya industri-industri pendukung seperti industri komponen, industry jasa keuangan, asuransi, diler, bengkel, maupun perusahaan UMKM di sektor otomotif lainnya yang juga menyerap banyak tenaga kerja,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Swasembada Otomotif", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/11/111130115/indonesia-swasembada-otomotif.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm