Rider Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat beraksi di Kejuaraan Dunia WSBK 2021.(WSBK)
Rider Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat beraksi di Kejuaraan Dunia WSBK 2021.(WSBK) ( kompas.com)

Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Antara MotoGP dan WSBK

13 November 2021 17:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sirkuit Internasional Mandalika baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (12/11/2021). Bukan cuma sekadar acara seremonial, Jokowi turut menjajal sendiri aspal sirkuit tersebut dengan menunggangi sepeda motor kustomnya.

Sirkuit ini bakal jadi venue balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November mendatang. Tidak cuma itu, MotoGP pun rencananya turut digelar di Sirkuit Mandalika tahun depan, tepatnya pada Maret 2022.

Masih banyak yang belum paham, apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Terutama melihat keduanya yang sama-sama merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia.

Kalau dilihat secara sederhana, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus alias bukan motor produksi massal. Sementara WSBK menggunakan motor produksi massal dengan rombakan khusus untuk balapan.

Menyitat BikesRepublic dan Redbull, berikut penjelasan lebih rinci tentang perbedaan kedua balapan tersebut.

Anggaran

Di MotoGP, anggaran belanja tiap tim terhitung lebih tinggi ketimbang WSBK. Tiap tim di MotoGP bisa mengeluarkan dana sebanyak yang mereka mau untuk motor balapnya, pengujian, perlengkapan, gaji staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berkompetisi di WSBK, pengeluaran tim untuk motor, pembalap, hingga research and development (R&D) semuanya terbatas.

Konstruksi

MotoGP dan WSBK mematuhi beragam aturan teknis yang sudah ditetapkan oleh Dorna selaku pemegang hak komersial kedua balapan tersebut, serta FIM sebagai induk olahraga balap sepeda motor dunia. Aturan dibuat agar kompetisi berjalan seadil mungkin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm