( )

Lewat Album Butterflies Bilboysan Tampil Sangat Berani

15 November 2021 08:31 WIB

 

SonoraBangka.Id - Penyanyi Bilboysan akhirnya dengan berani merilis album perdana setelah membuat rangkaian singel. Berawal dari hobi, Bilboysan tak menyangka mampu menjawab keraguannya dengan menelurkan album bertajuk Butterflies. Pada tahun 2020 Bilboysan dipertemukan secara tidak sengaja dengan team dari All Good Music

Indonesia, datang dengan polosnya, Bill sapaan akrab Bilboysan ingin membuat singel. Lalu lahirlah singel pertamanya berjudul “Confessions” lalu disusul oleh singel “Social Distance” yang dirilis pada tahun 2020 silam.

Bilboysan awalnya berpikir, sepulang dari mengenyam pendidikannya di Sydney-Australia pada tahun 2020, ia hanya akan membuat mini album yang berisikan empat sampai lima lagu.

Namun, ide-ide liarnya tak terbendung. Seperti kayu yang tersulut api, semangatnya langsung membara, materi-materi lagunya tercipta mengalir deras. Semua lagu ia ciptakan sendiri dari lirik hingga notasi, lalu satu persatu mulai diproduksi, hingga akhirnya terkumpul menjadi album.

“Whiskey On The Rocks”, dipilih menjadi jalan pembuka untuk albumnya, rilis pada Juni 2021. Lalu dilanjutkan dengan “Way Home”, sebuah lagu sendu nan manis, dengan sentuhan Hip-Hop R&B yang menjadi singel keduanya yang rilis pada Agustus, 2021.

Lagu ini cukup unik karena tercipta hanya dalam 30 menit. “Beat musiknya sudah lumayan lama dikirim oleh DJ Slide, namun belum ada lirik juga notasinya, sampai akhirnya ada momen dimana saya bertemu dengan seorang gadis yang menarik perhatian saya dan ya akhirnya saya tulis lagunya terinspirasi dari dia”, terang pria bernama lengkap Billy Boy Santoso ini seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (13/11/2021). Lagu “Butterflies” terdengar begitu ear catchy, lirik yang jujur serta musik yang minimalis menambah manis lagu ini.

Butterflies sendiri adalah sebuah album yang awalnya hanyalah sebuah mimpi bagi Bill, akhirnya pada 11 November 2021, Bilboysan resmi merilis secara digital di semua Digital Music Platform.

“Enggak nyangka aja, awalnya hanyalah candaan dengan teman kuliah dulu lalu sekarang kesampaian bikin album.Rasanya luar biasa bahagia campur gugup”, ucap Bilboysan. Penggarapan album ini, tak lepas dari peran para Producer serta Beatmaker dari All Good Music Indonesia, yakni Dj Slide, Astagah Bonie serta Nalello yang meramu musik serta melibatkan Ghani Albar sebagai Vocal Director. Penggarapan albumnya sendiri tentu tak berjalan mulus begitu saja, mulai dari pandemi yang tak kunjung usai, sampai menentukan materi mana saja yang masuk album. Music Video “Butterflies” juga sudah bisa dinikmati pada kanal Youtube Bilboysan, berbarengan dengan peluncuran albumnya. Menariknya, Music Video-nya berkonsep animasi.

Music Video ini digarap oleh para animator, Eminhs, Vania, Ali Asman Tanjung, Ahmad Suroji, Mastur, dan Donny. Serta artwork albumnya adalah karya dari Visual Artist , Rato Tanggela. Terdapat sepuluh lagu dalam album “Butterflies” ini, semua lagu berlirik bahasa Inggris dan banyak nuansa Hip-Hop dan Pop R&B yang bisa ditemui. Fresh dan membawa warna baru untuk musik Indonesia. “Saya tidak mau terpatok pada satu aliran musik, apa yang saya suka, itu yang saya buat,” tutur Bill. Ia sendiri membebaskan para pendengarnya untuk mendeskripsikan aliran musiknya.

Lagu-lagu Bill, tercipta berdasarkan pengalaman hidupnya, mulai dari jatuh cinta, pertemanan, bangkit dari kegagalan dalam hidup sampai lagu tentang kerinduannya terhadap rumah. “Harapan saya, semoga lagu–lagu dalam album ini bisa punya ikatan kepada yang mendengarkannya, lalu menjadi soundtrack untuk hari–harinya,” tutup Bilboysan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bilboysan Tampil Berani Lewat Album Butterflies", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/13/231703866/bilboysan-tampil-berani-lewat-album-butterflies?page=2.
Penulis : Andika Aditia
Editor : Andika Aditia

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm