Jenderal Andika Perkasa saat dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dengan pelantikan ini, maka Andika resmi menggantikan Panglima TNI sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa purnatugas.(
Jenderal Andika Perkasa saat dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dengan pelantikan ini, maka Andika resmi menggantikan Panglima TNI sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa purnatugas.( ( SETPRES/AGUS SUPARTO))

Komitmen Panglima TNI Andika Perkasa Perbaiki Penanganan Konflik Papua

18 November 2021 08:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkomitmen bakal memperbaiki penanganan masalah konflik di Papua yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Dalam perbaikan penanganan tersebut, Andika akan bersandar pada Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

"Papua pasti kita akan perbaiki karena memang saya ingin menggunakan peraturan perundangan," kata Andika usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Andika tak ingin dalam penyelesaian permasalahan di Papua dilakukan dengan cara mengambil kewenangan orang.


Untuk itu, ia pun akan mengevaluasi penanganan masalah di Papua. "Jadi saya akan lakukan evaluasi, lakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas, bukan hanya di Papua, tapi juga di seluruh wilayah NKRI,"ucap mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut.


Andika menginginkan supaya TNI dalam menjalankan tugas di Papua sebagaimana halnya di daerah lain, seperti Jakarta dan Jawa.

Ia mengatakan bahwa status Papua sama dengan daerah lain di Indonesia. Di samping itu, ia mengungkapkan, sudah ada konsep dalam menyelesaikan permasalahan di Papua.


"Karena statusnya sama jadi kita kembali ke sana. Detailnya setelah saya sudah lakukan evaluasi, saya sudah ada konsep sehingga itu yang akan saya lakukan,"tambah Andika.

Diketahui, konflik bersenjata antara TNI-Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua tidak kunjung mereda.

Ketegangan di wilayah konflik di Papua sudah  banyak menimbulkan korban. Tidak hanya dari pihak yang berkonflik, masyarakat sipil pun kerap menjadi korban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panglima TNI Andika Perkasa Berkomitmen Perbaiki Penanganan Konflik Papua", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/11/18/07270621/panglima-tni-andika-perkasa-berkomitmen-perbaiki-penanganan-konflik-papua.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm