Kondisi area penonton Sirkuit Mandalika pasca hujan deras(Kompas.com/Donny)
Kondisi area penonton Sirkuit Mandalika pasca hujan deras(Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

WSBK Baru Selesai, MGPA Langsung Bersiap buat MotoGP 2022

22 November 2021 22:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Sesi terakhir ajang balap World Superbike (WSBK) musim 2021 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021 usai digelar.

Beberapa kendala sempat terjadi saat penyelenggaraan WSBK, salah satunya adalah hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika, mengharuskan balapan ditunda dari yang semula hari Sabtu (20/11), menjadi hari Minggu (21/11).

Tak hanya itu, hujan deras pun membuat kondisi di lingkungan Sirkuit Mandalika menjadi becek. Hal ini membuat para pengunjung memberikan keluhan dengan kondisi yang tidak memberikan kenyamanan tersebut.

Direktur Utama Mandalika GrandPrix Association Ricky Baheramsjah mengatakan, kendala cuaca seperti yang terjadi saat gelaran WSBK memang bukan sesuatu yang bisa diprediksi, namun ia mengaku sangat menyayangkan hal tersebut.

“Hal ini sangat disayangkan (balapan tertunda karena faktor cuaca). Tapi kejadian ini tak terduga, ya inilah yang terjadi. Yang jelas kita harus fokus dengan trek dan keselamatan rider,” ucap Ricky saat diwawancarai Kompas.com di Mandalika, Minggu (21/11/2021).

Ricky melanjutkan, sebelumnya pihak MGPA telah berdiskusi dengan Federason InternaSonale de Motocyclisme (FIM) pada Sabtu Malam, usai balapan WSBK Race 1 batal digelar. Hasilnya, Sirkuit Mandalika punya daya serap air yang baik.

“Setelah kami berdiskusi dengan FIM pada Sabtu malam, saluran pembuangan air bekerja dengan baik. Satu-satunya masalah adalah hujan deras yang terjadi membuat visibilitas sangat buruk, itu kenapa kita memindahkan balapan dari hari Sabtu ke hari Minggu,” kata dia.

Lebih lanjut lagi, Ricky mengatakan, pihaknya dan Dorna Sport kini sedang bersiap untuk menyambut MotoGP 2022 yang rencananya juga akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika.

“Persiapan untuk MotoGP akan dimulai besok. Dorna tim sudah di sini, dan kita sudah membicarakan semua tentang hal itu. Kita dalam tahap mempersiapkan bagaimana set up untuk MotoGP tahun 2022 supaya bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan GP Indonesia yang rencananya akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022.

Selain masuk dalam kalender sementara, berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WSBK Baru Rampung, MGPA Langsung Bersiap buat MotoGP 2022", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/22/072100415/wsbk-baru-rampung-mgpa-langsung-bersiap-buat-motogp-2022.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm