( )

Ini Pesen Mendalam Dari Lagu Patah Iwan Fals

7 Desember 2021 08:26 WIB

SonoraBangka.Id - Penyanyi Iwan Fals memberikan pesan mendalam lewat lagu terbarunya yang berjudul "Patah". Lagu "Patah" merupakan ciptaan gitaris band Ungu, Enda, yang secara spesial dibuat khusus Iwan Fals. Namun, musisi kawakan itu memahami bahwa lagu ciptaan Enda memiliki makna mendalam bukan hanya tentang cinta, tetapi bagaimana menjalani suatu hubungan.

Berpesan kepada setiap orang yang sedang berada dalam fase patah hati, Iwan Fals menyinggung soal rasa syukur. "Banyak banyak bersyukur masih bisa merasakan itu, bisa berproses dalam diri itu semakin hari kan semakin baik," kata Iwan Fals dalam jumpa pers perilisan video musik lagu "Patah" di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021). Kata Iwan Fals, hidup tidak ada yang sempura dan karena itu manusia harus berusaha menerima kenyataan dengan ikhlas.

"Enggak ada yang sempurna, kita bukan Nabi, mudah-mudahan bisa menerima itu sebagai kenyataan yang harus dikhayati," ujarnya.

Merujuk ke dalam video musik "Patah" yang menceritakan tentang kisah rumah tangga Jaka (Reza Rahadian) dan Aruna (Marsha Timothy), Iwan Fals menyebut hubungan pernikahan bukan hanya antara dua orang. Melainkan juga yang terlibat di dalamnya, seperti keluarga dari kedua belah pihak. "Hubungan ini kan enggak bisa cuma kayak antara dua orang tetapi juga keluarga, itu yang menjadi pertimbangan yang luar bisa. Saya rasa saya nonton video musiknya seperti itu," ujarny.

Iwan Fals mengetahui kalau Enda sangat bersemangat menbuatkan lagu untuknya

Sebab itu ia ingin menghargai pemberian Enda dengan berusaha menghayati lagu "Patah". "Saya berusaha untuk masuk menjadi Enda itu susah, tapi saya berusaha masuk ke persoalan itu, tapi apakah Enda mengalami hal itu, saya enggak tahu nanti bisa tanya sendiri," kata Iwan Fals sembari tertawa. Sebagai informasi, singel "Patah" merupakan lagu ketiga dari album Iwan Fals yang bertajuk Pun Aku. Lagu "Patah" ditulis oleh Enda Ungu dan diproduseri oleh Pay Burman, Lafa Pratomo, dan Rambu Cikal.

Dua dari deretan aktor terhebat negeri ini, Marsha Timothy dan Reza Rahadian diajak untuk bermain peran. Keduanya berhasil menghidupkam kisah yang dikandung oleh "Patah". Iwan Fals melepas lagu "Patah" hari ini pada Jumat (3/12/2021), yang bisa didengar lewat di berbagai platform musik digital. Sementara video musiknya baru diluncurkan hari ini dan dapat disaksikan melalui kanal YouTube resmi Musica Studios.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesan Mendalam Iwan Fals dalam Lagu Patah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/12/06/182221066/pesan-mendalam-iwan-fals-dalam-lagu-patah?page=3.
Penulis : Firda Janati
Editor : Tri Susanto Setiawan

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm