( Ist)

Kapolda Dan Wagub Hadiri Apel Gabungan Atasi Bencana Alam

8 Desember 2021 09:40 WIB

SonoraBangka.id - Kapolda Babel, Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya selaku pimpinan apel gabungan Kesiapan Satuan Tugas dan Peralatan SAR/Evakuasi dalam Mengatasi Bencana Alam di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Babel, Selasa (07/12/21) kemarin,menuturkan kesiapan menghadapi segala macam bencana sangatlah penting, mengingat Negara Indonesia rawan bencana, termasuk Babel.

"Karena pulau-pulau di Indonesia terbentuk dari lempeng tektonik dunia, lempeng Australia, dan lempeng Pasifik. Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai potensi tinggi terhadap bencana gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan longsor, dan lain-lain,"ujar Kapolda.

Kapolda menyebutkan semua elemen masyarakat harus siap menghadapi masalah tersebut. Apel ini menjadi salah satu upaya Pemprov Babel mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana yang dimaksud.

"Ini salah satu kiat kita dalam rangka penanggulangan bencana alam khususnya, apalagi saat ini mulai musim hujan, untuk itu kita harus siap, kemuadian daerah rawan bencana di setiap kabupaten/kota harus menyediakan posko-posko sehingga apabila terjadi bencana, petugas yang menangani sudah siap,"tuturnya.

Sementara, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah yang hadir dalam kegiatan ini memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan kesiapan bencana dengan harapan penanggulangan bencana bisa lebih baik.

"Dengan kegiatan ini kita lebih siap, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi bencana ini, di antaranya kita bentuk posko darurat bencana, oleh sebab itu semua instansi harus dilibatkan, baik di intern Pemprov. Babel maupun di jajaran ekstern Pemprov. Babel, bersama TNI/POLRI, BASARNAS, serta elemen masyarakat lainnya digabung dalam posko tersebut," ujar wagub.

Menurut wagub, bencana yang sering terjadi di Babel adalah bencana banjir, selanjutnya terjadi banjir rob, akibat air pasang naik di daerah pesisir pantai.

"Apabila itu terjadi, maka masyarakat kita harus di lindungi, oleh sebab itu kesiapan menghadapi bencana harus kita lakukan," tegasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm