Bangunan Sport Hall berada di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok
Bangunan Sport Hall berada di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok ( (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).)

Bangka Barat Jadi Tuan Rumah Porprov ke VI, 21 Cabor Siap Dipertandingkan Juli 2023 Nanti

27 Desember 2021 16:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke VI resmi bakal digelar pada Juli 2023, dengan Kabupaten Bangka Barat berstatus sebagai tuan rumah.

Penetapan Juli diketahui usai Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung, dan KONI yang digelar di Gedung LPMP Pangkalpinang pada Kamis (23/12/2021) lalu.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu, Bupati Bangka Tengah Ajak Kaum Ibu Sukseskan Pembangunan Daerah

Lebih lanjut Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming ketika dikonfirmasi pun, membenarkan terkait pelaksanaan Porprov ke VI dilaksanakan pada Juli 2023.

"Porprov akan diselenggarakan di Bangka Barat bulan Juli 2023, dengan 21 cabang olahraga (Cabor) dan 23 disiplin olahraga. Ada dua cabor yang tidak kita laksanakan karena venue-nya tidak ada di Bangka Barat, yaitu renang dan senam," kata Bong Ming Ming, Senin (27/12/2021).

Tak adanya venue kolam renang, dikarenakan untuk biaya pembuatan venue tersebut bisa mencapai hingga sekitar Rp 50 Miliar.

Sedangkan untuk mengakomodir cabor renang dan senam yang tidak ada dalam Porprov 2023, maka dua cabor tersebut akan dipertandingkan di Kejurda.

"Kalau untuk bikin tempat kolam renang itu biayanya sekitar Rp 50 Millar, jadi saya rasa ini belum lah karena dengan anggaran itu mending buat Rumah Sakit. Untuk 21 cabor yang ada tentunya kita akan fokus melakukan persiapan untuk venuenya,"ucapnya.

Untuk venue saat ini stadion dan sport hall masih terus dikebut pengerjaannya, agar dapat segera rampung. Selanjutnya untuk anggaran pembangunan sport hall berasal dari dana APBD Bangka Barat, sedangkan untuk stadion berasal dari anggaran Pemprov Bangka Belitung.

"Untuk mekanisme penganggaran sport hall kemaren sudah disepakati oleh DPRD, bisa menggunakan dana kita kalau memang ada, bisa juga peminjaman. Tapi kalau stadion ya kita berharap dengan DABA 2021, dibantu oleh Provinsi Rp 15 Miliar, sisanya Rp 35 Miliar kita berharap bisa diselesaikan di 2023,"tambahnya.

Sementara itu dengan Kabupaten Bangka Barat menjadi tuan rumah, dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama Provinsi Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Barat.

Sementara itu juga adanya Porprov 2023 diharapkan, mampu membangkitkan roda perekonomian di Kabupaten Bangka Barat.

"Nanti akan ada ruang untuk UMKM di setiap kegiatan Porprov 2023, nanti juga tentunya penginapan akan ramai dan ini bisa dirasakan oleh masyarakat,"katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Bangka Barat Tuan Rumah Porprov ke VI, 21 Cabor Siap Dipertandingkan Juli 2023, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/27/bangka-barat-tuan-rumah-porprov-ke-vi-21-cabor-siap-dipertandingkan-juli-2023.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm