Ilustrasi balita stunting
Ilustrasi balita stunting ( Shutterstock)

Mari Penuhi Nutrisi Anak untuk Cegah Stunting, Ini Penjelasan Ahlinya

1 Januari 2022 14:44 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui bahwa stunting menjadi masalah kesehatan yang serius di Indonesia hingga saat ini.

Oleh karena itu, Komunitas Ibu Canggih @Ibu2Canggih kolaborasi dengan Isi Piringku @isipiringku_id mengadakan Digifest Penuhi Nutrisi si Kecil untuk Cegah Stunting’. 

Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong para ibu untuk menerapkan porsi makan ala Isi Piringku agar anak-anak terhindar dari stunting, yang juga didukung oleh Danone Indonesia.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita (anak di bawah usia 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Salah satu upaya mencegah stunting di Indonesia, Kementerian Kesehatan meluncurkan kampanye Tumpeng Gizi Seimbang pada 2013, dilanjutkan dengan Isi Piringku pada 2016 hingga saat ini.

Program Isi Piringku sendiri merupakan salah satu dari gerakan #BersamaCegahStunting yang diinisiasi oleh Danone Indonesia, bekerjasama dengan para mitra dan pemangku kepentingan.

Tujuannya adalah mendukung pemerintah dalam membentuk anak Indonesia yang tumbuh sehat  dalam upaya mencegah stunting di Indonesia.

“Untuk mencegah stunting, Ibu bisa melakukan langkah-langkah pencegahan, di antaranya menjalankan rekomendasi Isi Piringku, yakni dalam 1 piring makan harus tersedia lengkap, mulai dari makanan pokok, lauk-pauk, dan sayur atau buah-buahan,” jelas dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK dalam live Instagram @Ibu2Canggih, Jumat (20/08).

SumberNova
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm