Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur ( FREEPIK )

Fakta, Tidur Setelah Makan Ternyata Tidak Akan Membuat Gemuk

4 Januari 2022 09:25 WIB

SonoraBangka.id - Jangka waktu yang disarankan untuk tidur setelah makan adalah 2 jam. Jadi waktu dua jam disebut sebagai jarak aman antara makan malam dengan tidur.

Selama ini kita terpaku pada pendapat bahwa langsung tidur setelah makan karena akan menimbulkan gangguan kesehatan dan membuat gemuk.

Namun sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa sesungguhnya kita tak butuh jangka waktu selama itu.

Dilansir dari WebMD, diketahui bahwa kebiasaan tidur setelah makan malam ini sebenarnya tak berpengaruh terhadap kesehatan.

Mereka menemukan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Okayama, Jepang telah mematahkan mitos yang berkembang di masyarakat selama ini.

Disebut bahwa tidur setelah makan malam ternyata tidak memicu peningkatan kadar gula darah (HbA1c).

Penelitian ini dilakukan terhadap 1.500 orang dalam usia paruh baya yang tidak memiliki masalah kesehatan. Peneliti melihat pola makan orang tersebut selama periode dua tahun dan memerhatikan berat badan, kecepatan makan, kegiatan fisik yang mereka lakukan, serta apakah mereka merokok.

Sejumlah orang pada penelitian tersebut, tidur kurang dari dua jam setelah makan. Setelah melihat hasilnya, peneliti menemukan bahwa hampir tidak ada atau hanya ada sedikit perbedaan pada tingkat gula darah.

SumberHealth.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm