Aktor peraih penghargaan Inspirational Lifetime Achievement Award Sidney Poitier memberi sambutan di acara 2016 Carousel Of Hope Ball di The Beverly Hilton Hotel. Beverly Hills, California, pada 8 Oktober 2016.
Aktor peraih penghargaan Inspirational Lifetime Achievement Award Sidney Poitier memberi sambutan di acara 2016 Carousel Of Hope Ball di The Beverly Hilton Hotel. Beverly Hills, California, pada 8 Oktober 2016. ( (AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/ALBERTO E. RODRIGUEZ))

Aktor Legendaris Sidney Poitier Tutup Usia

8 Januari 2022 22:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktor legendaris Sidney Poitier telah meninggal dunia pada usia 94 tahun hari Kamis (6/1/2022) malam.

Poitier ialah orang kulit hitam pertama pemenang Piala Oscar untuk aktor terbaik dalam perannya di Lilies of the Field. Dia juga dikenal sebagai aktivis gerakan hak-hak sipil.

"Dengan sangat sedih saya mengetahui pagi ini tentang meninggalnya Sir Sidney Poitier," ujar Perdana Menteri Bahama Philip Davis dalam pidato yang disiarkan di Facebook, dikutip dari Reuters, Sabtu.

"Tetapi bahkan saat kami berduka, kami merayakan kehidupan seorang pria Bahama yang hebat: ikon budaya, aktor dan sutradara film, pengusaha, aktivis sipil dan hak asasi manusia dan, terakhir, seorang diplomat," lanjut menambahkan.

Dilansir Antara, Poitier menciptakan warisan film yang luar biasa dalam satu tahun dengan tiga film di tahun 1967 pada saat segregasi berlaku di sebagian besar Amerika Serikat. Pada episode Guess Who's Coming to Dinner dia berperan sebagai pria kulit hitam dengan tunangan kulit putih.

Sementara di In the Heat of the Night, dia merupakan Virgil Tibbs, seorang polisi kulit hitam yang menghadapi rasialisme selama penyelidikan pembunuhan.

Dia juga berperan sebagai guru di sekolah London yang keras tahun itu dalam To Sir, With Love. Poitier telah memenangi Oscar sebagai aktor terbaik dengan film Lilies of the Field pada  1963.

Dalam film itu dia memerankan seorang tukang yang membantu biarawati Jerman membangun sebuah kapel di padang pasir.

Lima tahun sebelumnya, Poitier menjadi orang kulit hitam pertama yang dinominasikan sebagai aktor utama Oscar untuk perannya dalam The Defiant Ones.

Para bintang Hollywood pun turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian sang legenda yang sangat dihormati.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm