Ilustrasi PS 5
Ilustrasi PS 5 ( Sony)

PS5 Langka, Sony Malah Genjot Produksi PS4

17 Januari 2022 17:22 WIB

SonoraBangka.ID Kelangkaan komponen semikonduktor (chip) yang tidak kian membaik, semakin menyulitkan Sony untuk memproduksi lebih banyak konsol next-gen PlayStation 5 (PS5).

Demi mengatasi hal tersebut, perusahaan asal Jepang dikabarkan malah justru berencana meningkatkan produksi konsol PlayStation 4 (PS4) dan memperpanjang usia edarnya.

Berbeda dengan PS5 yang membutuhkan chip generasi terbaru, Sony tidak kesulitan memperoleh chip yang dipakai di PS4, mengingat komponen yang diperlukan sudah tergolong lawas. Hal ini memungkinkan PS4 untuk lebih mudah dan lebih hemat untuk diproduksi. Alhasil, bertambahnya jumlah produksi PS4 diklaim tidak akan mengganggu produksi PS5.

Dengan memperpanjang umur atau waktu edar dan dukungan PS4, Sony nampaknya ingin membuat pemain untuk tetap setia dengan konsol PlayStation generasi keempatnya tersebut. Apabila rumor tersebut terbukti kebenarannya, maka PS4 akan menjadi salah satu konsol dengan waktu eksistensi terlama.

Sebagai perbandingan, untuk setiap peralihan generasi konsol PlayStation, Sony memberikan waktu sekitar 6-7 tahun hingga akhirnya konsol tersebut "dimatikan" atau berhenti mendapat update/pembaruan.

"Ini (PS4) adalah salah satu konsol terlaris yang pernah ada dan memang selalu ada crossover antar-generasi (konsol)," ungkap seorang juru bicara Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Game Informer, Senin (17/1/2022). Meski akan memperbanyak unit PS4, namun Sony berjanji masih tetap berusaha untuk memproduksi PS5 hingga berhasil memenuhi permintaan dari kalangan pengguna.

Sejak diluncurkan pada November 2020 lalu, PS5 berhasil menarik minat yang cukup tinggi dari penggemar game konsol. Namun, popularitas yang diraih PS5 tidak sebanding dengan jumlah stok konsol yang beredar di pasaran.

Sony merupakan salah satu produsen yang terkena dampak atas kelangkaan chip global. Hal ini mengakibatkan pengguna sulit untuk mendapatkan konsol PS5. Tidak hanya berfokus pada Sony, krisis stok chip global turut memengaruhi vendor laptop hingga brand yang memproduksi printer seperti Canon.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PS5 Langka, Sony Malah Genjot Produksi PS4", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/01/17/10020097/ps5-langka-sony-malah-genjot-produksi-ps4.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm