Ilustrasi aplikasi tiktok
Ilustrasi aplikasi tiktok ( Social Media Today )

Susul Instagram, TikTok Juga Uji Langganan Berbayar

21 Januari 2022 16:14 WIB

SonoraBangka.ID - Layanan berbagai video pendek TikTok tengah melakukan uji coba fitur langganan berbayar, alias paid subscriptions.

TikTok sendiri sudah mengonfirmasi soal uji coba fitur langganan berbayar ini, beberapa hari setelah Instagram juga mengumumkan menguji coba langganan berbayar di AS.

Namun TikTok enggan memberikan detail lebih lanjut soal fitur paid subscription ini. Termasuk soal skema, nominal langganan, hingga komisi yang kemungkinan bakal diambil TikTok dari langganan berbayar ini.

Juru bicara TikTok hanya mengatakan bahwa pihaknya "selalu memikirkan cara baru untuk memberikan manfaat bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok".

Karena masih dalam tahap uji coba, fitur paid subscription ini hanya tersedia secara terbatas untuk pengguna TikTok yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Belum diketahui kapan TikTok akan menggulirkan fitur ini kepada penggunana secara luas. Hingga kini, masih belum jelas bagaimana model langganan berbayar ini akan diterapkan pada TikTok.

Follower Dapat Apa?

Namun sesuai namanya, langganan berbayar ini memungkinkan kreator konten di TikTok untuk mematok biaya langganan dengan nominal tertentu kepada pengikutinya (follower).

Pengikut yang berlangganan kemungkinan bakal bisa mengakses konten eksklusif milik kreator.

Dalam konteks TikTok, platform ini memiliki "For You Page", laman dimana algoritma TikTok dapat menampilkan video dari kreator konten yang tidak diikuti pengguna. Nah, bila kreator memilih untuk memberlakukan biaya langganan, agaknya video mereka tidak akan muncul lagi di laman For You Page pengguna.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm