Ilustrasi Tuas Wiper(GridOto.com)
Ilustrasi Tuas Wiper(GridOto.com) ( kompas.com)

Belum Banyak yang Paham Fungsi Dari Simbol pada Tuas Wiper

21 Januari 2022 17:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wiper menjadi salah satu fitur penting ketika pengemudi mobil berkendara dalam kondisi hujan.

Untuk mengaktifkan wiper, pengemudi cukup memutar atau menggeser tuas yang berada di balik setir. Di mobil Jepang, umumnya tuas tersebut berada di sebelah kiri, sementara di mobil Eropa tuas wiper berada di sebelah kanan.

Tuas wiper mempunyai sejumlah simbol yang mengartikan fungsi dan cara kerjanya. Tapi, tidak sedikit pengemudi yang belum mengetahui fungsi dari simbol-simbol tersebut.

Agar mendapat sapuan wiper yang sesuai dengan kebutuhan ada baiknya pengemudi mengetahui masing-masing arti dari simbol yang ada pada tuas wiper.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pertama adalah mode Rear.

Mode ini disematkan pada mobil yang dibekali wiper di kaca belakang. Biasanya simbol rear berada di ujung tuas wiper.

“Fungsinya (rear) untuk mengaktifkan wiper atau menyemprotkan air wiper atau washer di kaca belakang,” Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Selanjutnya yaitu Mist, biasanya diletakkan di paling atas tuas wiper. Untuk mengaktifkannya, pengemudi tinggal menggeser tuas wiper ke atas satu kali. Hampir semua mobil biasanya memiliki mode ini.

“Mist, pada wiper hanya bekerja apabila tuas ini ditekan, jadi tidak menyala terus-menerus,” kata Didi.

Kemudian Intermittent, yang biasa ditulis dengan simbol INT. Mode ini memungkinkan pengemudi untuk menentukan sendisi interval sapuan wiper pada kaca depan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm