HP Chromebook 14 Yang Ditenagai Prosesor AMD
HP Chromebook 14 Yang Ditenagai Prosesor AMD ( KOMPAS.com)

Laptop Chromebook untuk Gaming Segera Hadir?

2 Februari 2022 07:07 WIB

SonoraBangka.ID - Sama seperti laptop Windows atau MacOS, perangkat Chromebook juga biasa dipakai sebagai komputer portabel untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Meski demikian,

Namun, sebuah laporan yang dirilis 9to5Google belum lama ini mengeklaim bahwa ada sejumlah Chromebook yang ditujukan khusus untuk segmen gaming yang tengah disiapkan beberapa vendor PC.

Laporan itu menyebut bahwa ada tiga Chromebook gaming yang tengah disiapkan beberapa vendor PC, yang masing-masing memiliki kode nama "Vell", "Taniks", dan "Ripple".

Belum diketahui seperti apa spesifikasi laptop Chromebook gaming ini, namun laporan menyebut laptop itu akan mengusung papan ketik (keyboard) ikonik RGB yang bisa menyala, yang biasa ditemui di berbagai laptop gaming.

Dihimpun dari 9to5Google, Senin (31/1/2022), Vell konon merupakan perangkat bikinan produsen laptop Hewlett Packard (HP) yang bakal mengisi seri gaming Omen.

Lalu, Taniks disebut merupakan Chromebook yang diklaim bakal hadir dari vendor PC Lenovo, untuk melengkapi jajaran produk gaming lini Legion.

Sementara itu, Ripple disinyalir merupakan sebuah tablet gaming dengan keyboard RGB yang bisa dilepas pasang, mirip dengan Asus ROG Flow Z13. Tidak disebutkan siapa yang bakal membuat produk ini.

Karena masih berupa rumor, belum bisa dipastikan apakah tiga produk Chromebook gaming ini bakal dirilis di pasaran atau tidak. Yang jelas, kehadiran rumor ini agaknya semakin memperkuat ambisi Google untuk fokus di segmen gaming melalui ChromeOS.

Sebelumnya, sekitar dua tahun lalu, Google sendiri sempat  mengumbar bahwa mereka bakal menghadirkan dukungan aplikasi distribusi game populer Steam ke perangkat ChromeOS. Namun, informasi seputar fitur tersebut hingga saat ini masih belum jelas.

Terlepas dari Google, Nvidia dan Mediatek juga tahun lalu sempat mengatakan bahwa mereka bakal menghadirkan dukungan kartu pengolah grafis (GPU) dari lini RTX, demi memberikan pengalaman visual mumpuni macam ray-tracing dan DLSS di perangkat Chromebook berbasis ARM.

Dengan kabar terbaru ini, tak menutup kemungkinan bahwa upaya Google, Nvidia, dan Mediatek ini bakal diwujudkan melalui tiga model Chromebook gaming yang menyeruak di internet tadi. Kita nantikan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Laptop Chromebook untuk Gaming Segera Hadir?", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/01/31/17052757/laptop-chromebook-untuk-gaming-segera-hadir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm