Hari kaker sedunia
Hari kaker sedunia ( SHUTTERSTOCK/SEW CREAM )

Hari Kanker Sedunia, Yuk Tutup Kesenjangan Perawatan bagi Pasien

4 Februari 2022 13:32 WIB

SonoraBangka.id - Tahukah kamu bahwa tanggal 4 Februari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day?

Hari Kanker Sedunia tanggal 4 Februari diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran kita semua akan penyakit kanker.

Seperti yang kita tahu, kanker termasuk salah satu penyakit mematikan. Oleh sebab itu, adanya peringatan Hari Kanker Sedunia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan penyakit mematikan itu dan gejalanya.

Hari Kanker Sedunia pun ada untuk menginspirasi tindakan cepat dan pengobatan serta perawatan yang bisa menyelamatkan jiwa penderita kanker.

Hari kesadaran penyakit kanker yang diperangati tiap tahun ini dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC).

Setiap tahunnya, kanker adalah salah satu penyakit pembunuh manusia paling tinggi.

Kasus meninggal dunia akibat kanker di seluruh dunia hampir mencapai 10 juta orang, dimana 70 persen dari pasien yang meninggal itu berusia di atas 65 tahun.

Oleh sebab itu, salah satu tujuan dari adanya Hari Kanker Sedunia adalah untuk bekerja sama mencegah kematian akibat kanker dan menyediakan semua kemungkinan pengobatan untuk pasien.

Tahun 2022 ini, tema peringatan Hari Kanker Sedunia adalah Close the Care Gap atau 'Tutup Kesenjangan Perawatan'.

Tema ini dipilih sebagai upaya untuk memberikan kesempatan akses yang sama pada pasien kanker.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm