lustrasi - Program bantuan Rp 600.000 bagi karyawan swasta gaji di bawah 5 Juta
lustrasi - Program bantuan Rp 600.000 bagi karyawan swasta gaji di bawah 5 Juta ( (Bangkapod.com/Riki Pratama) )

Gaji 4.436 Pegawai Honorer Pemprov Babel Belum Juga Cair, BKPSDMD Sebut Penyebabnya

4 Februari 2022 15:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini pemerintah Provinsi Bangka Belitung belum juga mencairkan gaji 4.436 pegawai honorer. Para pegawai honor pun mengeluhkan.

Gaji pegawai honorer sebesar Rp 2,9 juta per bulan, biasanya diterima setiap tanggal satu, Tetapi, hingga 4 Februari 2022 belum dicarikan.

Seorang tenaga honorer di Pemprov Babel, mengeluhkan terkait gaji mereka yang belum dicarikan, sementara banyak kebutuhan yang harus dibayarkan.

"Belum cair, biasanya awal bulan, setiap tanggal satu. Kami ini bekerja dahulu baru gajian. Artinya, gaji kami bulan Januari, dibayarkan pada 1 Februari 2022," ujar tenaga honorer di Pemprov Babel, kepada Bangkapos.com, Jumat (4/2/2022).

Ia menyebutkan gaji yang diterima digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan hidup, termasuk membayar kontrakan rumah.

"Karena gaji belum cair kontrakan rumah belum dibayar. Biasanya bayar setiap gajian Rp 500.000 per bulan, tetapi ini belum pusing juga,"katanya.

Senada, disampaikan tenaga honorer lainnya mengeluhkan hal yang sama terkait lambatnya pencairan, gaji honorer, mereka mengaku krisis keuangan karena banyak kebutuhan sehari-hari harus dibiayai.

"Sudah krisis, karena gaji yang kami terima terakhir pada akhir Desember 2021, sudah satu bulan lebih. Jadi kritis, teman teman juga sudah banyak mengeluh, karena sebagian ada beban kredit dan pembiayaan lain harus dibayar," ucapnya.

Ia juga mengetahui, lambatnya gaji honorer karena harus ada rekomendasi dari BKPSDMD Babel dalam hal perpanjangan SK di seluruh OPD.

"Mungkin kendala di situ, karena banyak OPD yang belum ada rekomendasinya, yang saat ini dalam proses,"ungkapnya.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm