Ilustrasi ayah mengajari anak
Ilustrasi ayah mengajari anak ( shutterstock via kompas.com)

Agar Sukses, Ini Pentingnya Ayah Berperan Sama dalam Pendidikan Anak

5 Februari 2022 10:07 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit dari kita yang tak menyadari betapa pentingnya Ayah berperan sama dalam pendidikan anak demi kesuksesannya.

Kini, masih banyak masyarakat yang berpendapat bahwa peran utama dalam pendidikan anak adalah ibu.

Padahal, demi tumbuh kembang anak sangat penting partisipasi aktif baik dari ayah dan ibu.

Aspek yang paling mendasar dari peran ayah untuk pengasuhan anak adalah keterlibatan dengan anak-anak, ketersediaan untuk mereka, dan tanggung jawab untuk menyediakan perkembangan yang sehat bagi keluarga.

Penelitian menemukan peningkatan rasio keberhasilan, lebih banyak rasa ingin tahu, dan keseimbangan emosional anak-anak dalam keluarga.

Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa anak yang dididik langsung oleh ayahnya secara aktif memiliki peningkatan peluang untuk sukses di masa depan.

Sebab, anak yang dekat dengan ayah menjadi percaya diri dan bisa menjaga emosional dengan baik.

Anak menjadi lebih bersemangat untuk mengeksplorasi lingkungan.

Selain itu, anak jadi lebih ramah dan jadi pemecah masalah yang baik dibandingkan rekan-rekannya yang kurang dekat dengan ayahnya.

Tak hanya dalam hal pendidikan, ayah bisa berperan sama dalam pendidikan anak dengan keterlibatan dalam aktivitas sehari-hari.

Sumbernakita.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm