Lata Mangeshkar, penyanyi di balik lagu-lagu film Bollywood
Lata Mangeshkar, penyanyi di balik lagu-lagu film Bollywood ( (Hindustan Times))

Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Tutup Usia

6 Februari 2022 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Kabar duka, penyanyi legendaris India, Lata Mangeshkar, meninggal dunia di usia 92 tahun pada Minggu (6/2/2022). Lata Mangeshkar mengembuskan napas terakhir karena kegagalan beberapa organ tubuh.

Sebelumnya Lata Mangeshkar sudah  dirawat di rumah sakit Breach Candy Mumbai karena positif Covid-19 sejak 11 Januari 2022 lalu.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, atas kepergian Lata Mangeshkar, selama dua hari menjadi hari berkabung nasional di India. Pemakaman mendiang dihelat secara kenegaraan dan masyarakat diimbau mengibarkan bendera setengah tiang.

Ucapan duka cita mengalir usai kepergian Lata Mangeshkar diumumkan. “Saya sangat sedih, tidak bisa berkata-kata,” kata Perdana Menteri India Narendra Modi dalam akun Twitter-nya.

“Dia meninggalkan kekosongan di negara kita yang tidak bisa diisi. Generasi mendatang akan mengingatnya sebagai pendukung budaya India, yang suaranya merdu memiliki kemampuan tak tertandingi untuk memukau orang," tulisnya lagi.

Selama hampir delapan dekade, Mangeshkar dikenal sebagai penyanyi playback.

Suara merdunya diselaraskan oleh aktor film dalam sebuah musikal Bollywood yang terkesan mewah di India. Lata Mangeshkar dikenal sebagai Melody Queen” dan “Nightingale of India".

Lagu-lagu Mangeshkar yang penuh emosi itu acap kali berkisah tentang cinta yang tak terbalas. Lagu lainnya juga dimasukkan dengan unsur kebanggaan masyarakat India.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Meninggal Dunia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/06/164258566/penyanyi-legendaris-india-lata-mangeshkar-meninggal-dunia.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm