Ernest Prakasa sutradara film Imperfect saat promo film di di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Rabu ( 4/12/2019).
Ernest Prakasa sutradara film Imperfect saat promo film di di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Rabu ( 4/12/2019). ( (KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAH))

Ernest Prakasa Harap RUU TPKS Bisa Segera Disahkan

7 Februari 2022 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID  - Penulis sekaligus sutradara Ernest Prakasa mengharap Rancangan Undang Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) segera disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Hal tersebut juga menjadi salah satu tujuan utama dari gerakan Diam Tak Selamanya Emas yang dilakukan oleh insan perfilman Indonesia.

Suami Meira Anastasia ini berharap RUU TPKS berpihak kepada para korban yang selama ini selalu dirugikan.

"Jelas ini adalah salah satu agenda kita untuk menuju RUU TPKS. Kami pengin supaya korban selalu jadi pihak yang terlebih dahulu dipercaya sebagaimana penanganan kasus ini," kata Ernest saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/2/2022).

Gerakan Diam Tak Selamanya Emas juga diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang serius dalam menangani kasus kekerasan seksual di Indonesia.

"Dari contoh yang sudah ada, dalam kasus-kasus yang lebih besar seperti di Amerika, kita pengin supaya di Indonesia juga bisa terjadi gerakan yang serius," tambah sutradara film Teka-Teki Tika ini. Pengesahan RUU TPKS dapat menjadi sedikit angin segar bagi para korban kekerasan seksual di Indonesia.

Kini sejumlah asosiasi profesi perfilman juga tengah menjalin komunikasi dengan Komnas Perempuan untuk membahas aturan-aturan untuk diterapkan di industri perfilman.

Hal serupa juga dilakukan oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI) guna meningkatkan ekosistem sehat di industri perfilman Tanah Air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ernest Prakasa Berharap RUU TPKS Segera Disahkan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/07/174033666/ernest-prakasa-berharap-ruu-tpks-segera-disahkan.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm