Logo dan nama Tezos yang dipakai di jersey latihan Manchester United
Logo dan nama Tezos yang dipakai di jersey latihan Manchester United ( KOMPAS.com)

Mengenal Tezos, Blockchain yang Jadi Sponsor Klub MU

12 Februari 2022 06:53 WIB

SonoraBangka.ID - Salah satu klub sepak bola Inggris, Manchester United atau kerap disapa MU, baru saja mengumumkan kerja samanya dengan salah satu platform blockchain, Tezos.

Dengan mengucurkan dana sekitar Rp 388 miliar, Tezos jadi sponsor Manchester United untuk peralatan latihan tim.

Sebagai gantinya, logo dan nama Tezos bakal muncul di peralatan latihan klub dan di jersey atau seragam latihan pada skuad utama Manchester United.

Sementara itu, Edward Adlard, Head of Adoption and Business Development Manchester United, mengatakan kerja sama itu bakal membuat perubahan besar pada interaksi antara klub dengan penggemar.

“Tezos akan memungkinkan Manchester United menggunakan blockchain dan Web3 (internet) untuk mengubah keterlibatan penggemar, pemain, tim, dan mitra," kata Adlard dikutip dari laman resmi Manchester United, Jumat (11/02/2022).

Selain logo dan nama Tezos yang muncul di peralatan latihan klub, kerja sama ini juga bakal mencakup penggunaan platform Tezos dalam mendukung yayasan milik Machester United untuk kegiatan sosial.

Donasi yang berjalan di yayasan itu bakal menggunakan mata uang kripto milik Tezos, tez atau XTZ, untuk memberikan pelatihan dan pendidikan pada kaum muda dalam suatu komunitas.

Seperti Bitcoin dan Ethereum, Tezos juga merupakan platform blockchain atau semacam buku besar virtual berupa jaringan untuk melakukan transaksi antar pengguna secara terdesentralisir.

Tezos juga punya mekanisme smart contract atau kontrak cerdas, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan pengguna lain tanpa melalui pihak ketiga atau server.

Meski serupa dengan Bitcoin dan Ethereum, Tezos punya perbedaan yang cukup signifikan. Dilansir dari situs resmi Tezos, platform ini tampaknya mengedepankan demokratisasi dalam jaringan yang ada di blockchain.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm