Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Masih Perlu Melakukan Angkat Wiper Saat Parkir Mobil?

14 Februari 2022 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Wiper merupakan salah satu bagian pada mobil yang memiliki komponen bermaterial karet. Bukan rahasia umum lagi jika biasanya karet akan gampang mengeras jika terpapar sinar matahari secara langsung.

Maka dari itu, tidak jarang ditemukan pemilik mobil masih memiliki kebiasaan mengangkat wiper saat memarkirkan mobilnya. Hal ini dilakukan dengan asumsi membuat komponen karet lebih awet dan tidak mudah getas.

Tapi ternyata hal tersebut tidak perlu dilakukan. Dengan kata lain, biarkan wiper tetap pada tempatnya saat mobil diparkirkan. Tapi tetap ada catatan tertentu yang wajib diperhatikan.

Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia Maria Kayla Augusta menuturkan, wiper tidak perlu diangkat saat mobil diparkir dengan catatan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas.

Ia menjelaskan, umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia agar tidak gampang mengeras atau getas.

“Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” kata Kayla dalam agenda diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

Selain itu, mengangkat wiper memiliki risiko tersendiri. Misalnya apabila wiper tersenggol, maka akan langsung jatuh membentur kaca. Hal ini berpotensi merusak per wiper dan kaca depan mobil.

Selain itu, Kayla juga mengatakan bahwa per wiper arm yang terus-menerus menegang karena dalam posisi terangkat bisa membuat komponen tersebut mudah rusak.

Walau begitu, tetap upayakan untuk memarkir mobil di lokasi indoor, bukan di lahan terbuka demi usia pakai wiper yang lama. Tidak lupa pilih karet wiper dengan kualitas yang baik. Segera ganti karet tersebut kalau dirasa sudah mulai mengeras demi efektifitas kerja wiper menyapu permukaan kaca.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Perlu Angkat Wiper Saat Parkir Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/14/121200315/masih-perlu-angkat-wiper-saat-parkir-mobil-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm