Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Begini Langkah dan Cara Yang Benar Matikan Mesin Mobil

15 Februari 2022 18:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Salah satu faktor yang menentukan performa dari mesin dan baterai aki mobil adalah bagaimana cara pemilik kendaraan mematikan mesin mobilnya.

Masih banyak pengguna mobil yang asal-asalan dalam mematikan mesin mobilnya, cuma memutar kontak kunci ke posisi OFF tanpa memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Salah satunya yakni tanpa mematikan pendingin kabin dan komponen kelistrikan lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat baterai mobil akan membutuhkan daya yang lebih besar ketika mobil akan dinyalakan lagi.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada beberapa prosedur yang benar pada saat akan mematikan mesin mobil.

Salah satunya yakni mematikan AC dan komponen kelistrikan yang ada pada mobil.

"Sebaiknya begitu (memayikan AC da komponen kelistrikan), namun mobil sekarang ECU-nya sudah bisa mengatur apabila AC On pada saat starter, kompresor AC akan akan di Off kan (secara otomatis) untuk menghindari motor starter bekerja berat," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (14/2/2022).

Tapi demi keamanan dan keawetan komponen mobil, langkah yang benar dalam mematikan mesin mobil perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum mematikan mesin mobil.

1. Posisi tuas transmisi

Pindahkan tuas transmisi ke posisi P untuk transmisi otomatis dan posisi N untuk transmisi manual. Hal ini dilakukan untuk mencegah mobil anda loncat dengan sendirinya saat pertama kali mesin dinyalakan, sehingga anda akan merasa aman.

Pada transmisi otomatis, apabila tuas transmisi tidak diposisikan ke posisi P, maka kunci kontak tidak akan bisa dilepas dari slot kunci.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm